Posted on

Penanganan Yang Harus Dilakukan Pada Penderita Hepatitis

Penanganan Yang Harus Dilakukan Pada Penderita Hepatitis – Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati, dimana penyebab hepatitis ini diakibatkan dari bakteri-bakteri yang menyerang sel-sel dan fungsi-fungsi organ hati, sehingga kinerja hati menjadi terganggu, dan jika terus dibiarkan dampaknya juga bisa mengganggu fugsi dan sel-sel organ lainnya.

Penyakit hepatitis mempunyai beberapa golongan, yang dinamakan sesuai alfabeth. Mulai dari penyakit hepatitis A, B, dan C. Dari golongan penyakit hepatitis tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda. Dan dikarenakan gejala yang ditimbulkan juga berbeda-beda antara golongan penyakit heptitis tersebut, maka penanganan yang harus kita lakukan juga tentu berbeda-beda disesuaikan dengan penyakit hepatitis yang dideritanya.

Maka untuk itu, kita harus mengetahui cara penanganan yang tepat untuk penderita hepatitis agar tidak memperparah penyakit sipenderita, dan inilah ulasannya.

suntik

Penanganan Yang Harus Dilakukan Untuk Penderita Hepatitis :

1. Untuk Penanganan Hepatitis A

Untuk penderita hepatitis A yang biasa dirasakan sebagai gejala awalnya ialah seperti pusing, mual – muntah,  tidak nafsu makan, urine berubah menjadi lebih gelap, nyeri perut, nyeri otot, gatal-gatal, berubah warna kulit dan mata menjadi kuning, dsb.

Dan penanganannya ini ialah dengan : 

  • Banyak istirahat tidak boleh banyak beraktivitas.
    Cuci tangan setelah dari toilet, sebelum makan dan sebelum menyiapkan makanan.
  • Tidak makan dengan menggunakan alat-alat makan secara bergantian atau memakai sikat gigi bersama-sama.
  • Memperhatikan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.
  • Imunisasi.
  • Asupan Vitamin.

2. Untuk Penanganan Hepatitis B 

Untuk penyakit hepatitis B ini merupakan penyakit yang tergolong penyakit hepatitis yang paling berbahaya dan mudah menular, karena virus yang menyebabkan penyakit hepatitis ini langsung menyerang organ hati dan menjadikan peradangan akut dan kronis menahun pada hati.

Dan untuk penanganannya ialah :

Harus dilakukan diagnosa dulu melalui cek darah. Setelah diagnosa diketahui sebagai Hepatitis B, maka ada 2 cara yaitu :

  • Dengan Pengobatan Oral
  • Dengan Pengobatan Suntikan.

3. Untuk Penanganan Hepatitis C

Penyakit hepatitis C tidak jauh berbeda bahaya nya dengan penyakit hepatitis B, namun hepatitis C biasanya tidak menimbulkan gejala-gejala yang berarti meski kerusakan organ hati sudah dialami bertahun-tahun. Akan tetapi gejala nya juga biasa muncul seperti kelelahan, hilang nafsu makan, kulit menjadi kuning, dan sakit perut.

Maka untuk itu penanganan yang harus dilakukan adalah seperti:

Untuk penanganan penyakit hepatitis C ini harus dengan diberikan obat seperti :

  • Interferon alfa,
  • Pegylated interferon alfa, dan
  • Ribavirin.

Dimana penanganan penyakit hepatitis C ini bertujuan untuk membunuh virus penyebab penyakit hepatitis C ini sedini mungkin.

Itulah dari beberapa penanganan yang harus dilakukan pada penderita penyakit hepatitis, dan alangkan baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau dengan pihak unit kesehatan lainnya. Agar penyakit hepatitis bisa benar-benar disembuhkan.

Artikel Terkait :

Cara Mengobati Hepatitis

Pantangan Makanan Bagi Penderita Hepatitis

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • kpn boleh brhenti mengkonsumsi obat pd pnykt hepatitis B stlh opnam dr rmh sky