Pantangan Makanan Penderita Diabetes

kesehatan

Pantangan Makanan Penderita Diabetes – Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita memerlukan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk menghasilkan suatu energi dan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, dalam kasus penderita yang memiliki penyakit tertentu harus lebih waspada terhadap makanan karena tidak semua makanan menimbulkan efek baik terhadap tubuh.

Nah, untuk itu kami disini akan mengulas suatu artikel yang berjudul Pantangan Makanan Penderita Diabetes. Diabetes merupakan gangguan yang terjadi pada tubuh yang memiliki kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi yang diakibatkan oleh tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel didalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Insulin memiliki fungsi untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Timbulnya penyakit diabetes ini diakibatkan oleh beberapa hal salah satunya dari faktor genetik atau keturunan. Apabila salah satu keluarga Anda memiliki riwayat penyakit diabetes kemungkinan Anda juga akan terserang penyakit diabetes ini. Namun, penyakit diabetes dapat kita cegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan meminimalisir makanan yang memiliki resiko menaikkan kadar gula dalam tubuh.

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Perlu kita ketahui mengenai Pantangan Makanan Penderita Diabetes asupan makanan yang salah pada penderita diabetes, memiliki resiko yang sangat tinggi dan dapat mengakibatkan komplikasi pada organ-organ lain dalam tubuh. Berikut ini pantangan yang harus dihindari penderita diabetes

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu musuh penderita diabetes, karena karbohidrat memiliki kalori yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah seperti halnya nasi putih, roti putih dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula dan sedikit serat. Sebaiknya penderita diabetes memilih asupan makanan seperti beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau boleh juga makanan yang terbuat dari jagung.

  • Jus Buah Dengan Gula Tambahan

Mengonsumsi jus buah dengan gula tambahan pada penderita diabetes dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dengan cepat. Mengonsumsi jus buah bagi penderita diabetes sah-sah saja, tetapi hindari jus buah yang memiliki asupan gula tambahan hal itu akan mengakibatkan resiko yang sangat tinggi.

  • Hindari Makanan Berlemak Jenuh

Lemak jenuh dapat ditemukan pada daging hewan seperi sapi, bebek, ayam, hal ini akan membahayakan pada penderita diabetes. Lemak jenuh yang terdapat pada daging tersebut sangat sulit untuk dicerna apabila kadar gula dalam darah terlalu tinggi yang akan mengakibatkan komplikasi penyakit yang berbahaya seperti stroke dan jantung.

  • Sayuran

Sayuran merukanan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar bisa dimakan mentah atau sayuran yang dikukus sebentar atau sebentar. Hindari sayuran yang dicampuri dengan saus, keju dan mentega. Apabila penderita memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari sayuran yang telah diolah menjadi acar.

Nah, dari beberapa pantangan makanan penderita diabetes diatas, perlu Anda ketahui pula pantangan makanan lainnya yang dihindari penderita diabetes seperi makanan yang mengandung kafein, coklat, hindari minuman bersoda, hindari makanan gorengan. Hal itu akan menyebabkan kenaikkan kadar gula dalam tubuh.

Baca Juga : Obat Diabetes Mellitus

Nah, itulah informasi mengenai Pantangan Makanan Penderita Diabetes yang harus dihindari. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan Anda

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Artikel yang terkait :

Gejala diabetes mellitus

Faktor Penyebab Diabetes Mellitus

Obat Paru-paru basah

Obat alami penyakit batu ginjal

Obat alami kanker payudara stadium 2

Pentingnya menjaga pola hidup yang sehat