Posted on

Pantangan Penderita Darah Tinggi

Pantangan Penderita Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi merupakan suatu kondisi medis dimana tekanan darah didalam arteri melonjak tinggi. Dan seseorang akan mengetahui tekanan darahnya tinggi atau tidak itu bisa dilihat setelah diperiksa menggunakan alat tensimeter. Tekanan darah yang dikatakan normal itu biasanya menunjukan pada angka 120/90. Jika tekanan darah yang dikatakan tinggi itu biasanya lebih dari angka normal tadi misalnya mencapai angka 120/100.

Untuk gejala bagi penderita darah tinggi ini terkadang tidak menunjukan gejala awal. Namun bagi penderita biasanya sering mengalami sakit kepala  yang hebat, bahu yang berat, tidak memiliki semangat, selalu ingin tidur dan emosi yang tinggi, sebagai tanda gejala awal penderita darah tinggi. Namun untuk semua gejala awal ini bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi setiap penderita.

Maka dari itu, jika anda sering mengalami gejala-gejala awal yang disebutkan tadi, alangkah lebih baiknya segera periksakan tekanan darah anda, dan apabila memang tekanan darah anda sedang tinggi, maka disarankan anda harus mengetahui pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan bagi penderita darah tinggi tersebut.

mak darting

Pantangan bagi penderita darah tinggi dari segi makanan adalah :

  • Dilarang Konsumsi Makanan Asin
    Makanan yang mengandung banyak garam adalah faktor terpenting dalam pantangan penderita darah tinggi, karena garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.
  • Makanan Berlemak
    Makanan yang mengandung lemak biasanya terdapat kandungan lemak trans atau jenuh yang dapat menyebabkan kegemukan/obesitas jika terus-menerus dikonsumsi, sedangkan dampak dari obesitas itu bisa meningkatkan tekanan darah menjadi lebih tinggi dan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Makanan Manis
    Makanan yang mengandung gula/pemanis buatan sangat tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, karena gula /pemanis buatan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat meningkatkan resiko penyumbatan pada pembuluh darah dan akhirnya meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Selain dari pantangan makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi, ada juga kegiatan sehari-hari yang harus dihindarinya juga.

Pantangan bagi penderita darah tinggi dari segi kegiatan adalah :

  • Terjun Payung
    Salah satu kegiatan olahraga yang memacu adrenaline ini sebaiknya benar-benar dijauhi bagi penderita darah tinggi, karena kegiatan terjun payung akan meningkatkan tekanan darah menjadi lebih meningkat pesat dan kemungkinanan akan beresiko terkena serangan jantung bagi penderitanya.
  • Angkat Beban
    Olahraga angkat beban sangat tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi, karena olahraga ini akan meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat.

Itulah beberapa pantangan yang harus benar-benar dihindari bagi penderita tekanan darah tinggi, agar tekanan darah tinggi tidak terus melonjak naik dan bisa menjadi stabil kembali. Dan jika ingin lebih cepat menstabilkan tekanan darah ketika sedang tinggi kami sarankan juga untuk dibantu dengan mengkonsumsi obat yang mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat serta aman tanpa menimbulkan efek samping terhadap kesehatan anggota tubuh yang lainnya.

Baca Juga :