Posted on

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi – Asam lambung tinggi merupakan masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor kelebihan berat badan, keadaan hamil, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Dan yang paling utama penyakit asam lambung ini terjadi memang karena faktor dari makanan yang kita konsumsi. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran untuk meningkatkan pola hidup sehat dan teratur, sehingga penyakit asam lambung ini mudah menyerang tubuh kita.

Adapun orang yang menderita asam lambung tinggi ini paling dominan tidak mengetahui percis apa saja yang menjadi pantangan makanan yang harus dijauhi nya. Sehingga kadar asam lambungnya pun malah semakin tinggi dan menyebabkan sakit perut yang tidak tertahankan. Padahal banyak sekali yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung ini yang memang harus benar-benar dijauhi, agar kadar asam lambung dalam tubuh tidak terus semakin meningkat.

asam-lambung-tinggi

Berikut Adalah Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi :

1). Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan dimasyarakat. Tidak hanya orang dewasa, untuk saat ini anak-anak pun sangat menyukai makanan yang mempunyai rasa pedas. Akan tetapi, bagi penderita asam lambung tinggi makanan yang mempunyai rasa pedas ini adalah menjadi salah satu pantangan yang harus benar-benar dijauhi. Karena makanan yang pedas jika dikonsumsi penderita asam lambung tinggi akan menyebabkan iritasi pada lambung sehingga penderitanya tidak akan nyaman. Adapaun salah satu contoh makanan pedas yang tidak boleh sama sekali dikonsumsi penderita asam lambung tinggi menurut UMMC ( University Of Maryland Medical Center ) adalah :

  • Cabai dan juga sambal.
  • Saos cabai
  • Saos tomat.
  • Saus Panas.
  • Makanan yang mengandung merica berlebih.

2). Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan jenis makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh penderita asam lambung tinggi. Makanan berlemak ini misalnya : Gorengan, Jeroan Hewan, dan Sayur Tumis. Makanan-makanan tersebut menjadi salah satu contoh pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi. Karena makanan tersebut mengadung minyak dan lemak, dimana minyak dan lemak tersebut mudah untuk mengiritasi lambung. Hal inilah yang menjadi alasan makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung.

3). Makanan Asam

Selanjutnya, makanan yang tidak boleh dikonsumsi dan yang menjadi pantangan penderita asam lambung tinggi ini adalah makanan asam. Makanan asam ini meliputi :

  • Cuka
  • Asinan
  • Acar, dan
  • Buah asam.

Contoh makanan asam diatas inilah yang menjadi pantangan penderita asam lambung. Karena dalam makanan asam ini memiliki kandungan Acid Reflux, dimana kandungan ini dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam perut. Sehingga jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi akan menyebabkan tingginya kadar asam lambung ini semakin parah.

4). Makanan Yang Mengandung Gas

Buah nangka, pisang ambon, sawi dan kol, merupakan jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan gas yang sangat tinggi. Dimana makanan yang mengandung gas ini akan tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi. Karena dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam perut lebih tinggi lagi. Oleh karena itulah, makanan-makanan yang mengandung gas ini menjadi salah satu pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi.

5). Makanan Yang Sulit Dicerna

Selain dari ke 4 jenis makanan diatas, yang menjadi pantangan makanan penderita asam lambung tinggi selanjutnya yaitu jenis makanan yang sulit dicerna atau makanan yang memiliki sifat yang keras. Hal ini dikarenakan jika penderita asam lambung tinggi mengkonsumsi makanan yang keras dan sulit dicerna maka akan lebih melukai lambung dan lebih meningkatkan kadar asam lambungnya. Salah satu contoh jenis makanan yang sulit dicerna dan keras ini adalah nasi, talas, dan beras ketan. Ketiga jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, Oleh karena itu, jika penderita asam lambung tinggi ingin mengkonsumsi nasi, makan nasi tersebut bisa diubah menjadi bubur agar lebih bisa dicerna oleh lambung dalam perut.

Itulah dari beberapa pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi. Jika anda ingin memperoleh kesembuhan dari penyakit asam lambung anda maka jauhilah yang menjadi pantangan makanannya, serta terapkanlah pola hidup sehat dan teratur dalam kehidupan anda.

Recomended Articel :

anigifcCara Mengatasi Asam Lambung Tinggi.

Demikian untuk pembahasan artikel kali ini, semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Serta sebagai tambahan wawasan dalam mengenai kesehataan tubuh. Salam Sehat Wahidun Herbal.

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • ikan laut untuk asam lambung
  • pantangan makanan untuk penderita penebalan dinding rahim
  • ikan yang baik untuk penderita asam lambung
  • buah pir untuk asam lambung
  • boleh kah orang sakit mata minum minuman berasa asam
  • ikan untuk asam lambung
  • ikan yg blh dimakan pengidab penyakit asam lambung
  • ikan laut yg bleh dmakan untk pnykit lambung
  • buah pir untuk sakit lambung
  • bagaimana cara membuat ikan laut untuk penyakit asam lambung tinggi