Posted on

Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes,- Penderita diabetes atau kencing manis dituntut untuk bisa mengatur pola makannya sebaik mungkin, baik dari segi jumlah, jadwal, maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah insulin maupun terjadinya resistensi insulin membuat penderitanya harus berhati-hati menjaga agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tidak melonjak.

Diabetes adalah penyakit metabolik yang menyebabkan seseorang memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi. Lebih dari 380 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit ini, dan jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Kencing manis (diabetes mellitus) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni.

Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Oatmeal (cereal oat)

Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting bagi penderita diabetes karena berpengaruh besar pada kadar gula darah. Oatmeal juga kaya akan magnesium yang membantu tubuh memanfaatkan glukosa dan mensekresi insulin dengan baik. 

Salah satu jenis oatmeal yang disarankan adalah steel cut oats, yakni bulir oat utuh yang dipotong-potong menjadi bagian kecil. Oat jenis ini memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan oatmeal instan. Steel cut oats juga mengalami pemrosesan paling rendah sehingga membutuhkan waktu lebih lama saat dimasak.

Ikan

Tak hanya kaya akan protein yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang membantu meredakan peradangan. 

Kombinasi yang sehat antara protein dan asam lemak omega 3 pada ikan benar-benar memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Minyak zaitun (olive oil)

Minyak zaitun dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga hampir 50% dibandingkan diet rendah lemak. Diet dengan minyak zaitun mampu mencegah resistensi insulin, penimbunan lemak perut, dan penurunan adiponektin.

Almond
Kacang pohon ini merupakan sumber terbesar magnesium dan lemak monounsaturated, yang penting untuk mengatur metabolisme karbohidrat. Almond juga membantu menurunkan kesempatan mengembangkan diabetes tipe 2 sebesar lebih dari 30%.
Sekam Psyllium

Psyllium merupakan tumbuh-tumbuhan kaya serat yang berasal dari India. Kulit ari atau sekam-nya yang mengandung serat larut air sering digunakan untuk mengobati sembelit dan menurunkan berat badan. Namun tak hanya itu, sekam psyllium juga dapat mengontrol kadar glukosa darah para penderita diabetesBayam

mengonsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran berdaun hijau lainnya mengalami penurunan risiko hingga 14% dibandingkan mereka yang hanya makan ½ porsi per hari. Pasalnya, sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng.

Kinoa

Kinoa atau sering disebut juga dengan quinoa adalah makanan pokok yang sering digunakan oleh suku Inca. Rasanya mirip seperti gandum, namun kekerabatannya lebih dekat dengan bayam dibandingkan padi.

Kayu Manis

Mengkonsumsi satu gram kayu manis atau lebih secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar gula puasanya sebesar 30% dibandingkan mereka yang tidak. Kayu manis juga membantu menurunkan trigliserida, kolesterol LDL, dan total kolesterol sebanyak 25%. Hal ini dikarenakan kayu manis kaya akan kromium, mineral yang meningkatkan efek insulin. Kayu manis juga mengandung polifenol, antioksidan dan mampu menurunkan inflamasi, sehingga menjaga Anda dari diabetes.

Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu memperbaiki dan melindungi melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Sulforaphane juga memicu proses anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh.

Putih Telur

Putih telur adalah makanan yang sehat, mengandung protein dan sangat rendah karbohidrat. Hal ini berarti tidak akan mempengaruhi kadar gula darah, bahkan membantu mencegah timbulnya diabetes tipe-2.

Kunyit

Kunyit telah digunakan untuk menjaga kesehatan masyarakat India selama sekitar 5 ribu tahun. Untuk mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi nasi putih dan roti tepung. Kunyit juga mengandung curcumin. Curcumin bekerja pada sel lemak, sel pankreas, sel ginjal, dan sel otot secara langsung dengan meredakan peradangan dan mencegah nekrosis tumor penyebab kanker dan interlukin–6.

Cokelat Hitam

Cokelat kaya akan flavanoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan glukosa darah, dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih. mengonsumsi cokelat hitam akan memiliki keinginan yang lebih rendah untuk makan makanan manis, asin, atau berlemak dibandingkan mereka yang mengonsumsi cokelat susu. Kandungan flavanoid cokelat susu sendiri memang lebih rendah dibandingkan cokelat htam, sedangkan gula serta lemaknya lebih banyak.

Pada kesempatan kai ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara pengobatan untuk penyakit diabetes melitus yang sangat baik dikonsumsi serta aman dan dapat membantu mengatasi hingga menyembuhkan penyakit diabetes melitus. Ada 3 Obat Herbal yang kami keluarkan, yakni : ¹· Qnc Jelly Gamat 100% Original dan Teripang Emasnya sangat berasa, ²· Walatra G Sea Jelly Cair dengan varian Rasa Jeruk yang manis dengan terpadunya Madu dan Temulawak yang mempunyai khasiat yang cukup tinggi, ³· Bagi Anda yang tidak menyukai Walatra g sea Cair kami juga mengeluarkan Product baru yaitu Walatra Gamat Emas Kapsul asli Teripang/gamat emas 100%  tanpa campuran bahan apapun sehingga khasiatnya sangat tinggi dari yang aslinya.

Artikel ini terkait dengan :

Cara Mengobati Diabetes

Jenis dan Faktor Penyebab Diabetes Melitus

ya itulah sekilas pembahasan tentang Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes dari artikel kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Terima kasih telah memilih salah satu Product kami, Semoga Lekas Sembuh:)

~Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes