Posted on

Makanan Sehat untuk Penderita Jantung

Tahukah Anda hampir semua orang memakan lima porsi buah dan sayuran per-hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena stroke dan penyakit jantug dari pada orang orang yang memakan tiga buah dan sayur.

Makanan Sehat untuk Jantung,- Berikut ini merupakan jenis makanan sehat yang bisa Anda konsumsi jika menderita penyakit jantung, untuk Anda yang sehat juga bisa mengkonsumsinya.

Daftar Makanan Sehat Penderita Jantung

1. Cokelat Hitam

Bahwa cokelat kaya akan flavanolyang memiliki efek pengecer darah, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Flavanol dalam cokelat akan membantu meningkatkan fungsidan menjaga kesehatan pembuluh darah, diabetes melitus, dan penyakit ginjal.

Senyawa dalam cokelat, yang disebut epikaketin, Meningkatkan oksida nitra, zat yang sangat penting untung kesehatan pembuluh darah. Tingkat berlimpah nitrat membantu menjaga tekanan darah agar rendah.

2. Yogurt

Adalah melindungi terhadap penyakit gusi. Penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkenan penyakit jantung. Laporan yang diterbitkan dalam journal of Periodontology mengungkapkan Pribiotik sebagai salah satu makanan juara untuk kesehatan gusi. Pribiotik merupakan kultur arti hidup digunakan untuk fermentasi makanan seperti, yoghurt dan kefir (susu fermentasi).

3. Kismis

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap jantung.

4. Kacang Hijau

Kacang Hijau kaya akan serat larut dan zat lainnya yang berkhasiat untuk merendahkan kadar kolesterol jahat. Kacang hijau banyak mengandung nutrisi untuk melindungi jantung, flavonoid yang bekerja untuk menghambt adeshi trombosit dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko terhadap serangan jantung dan stroke.

5. Ikan Salmon

Mengkonsumsi ikan salmon dikaitkan dengan risiko penyakit koroner untuk jangka panjang. Ikan Salmon dan Tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur (aritmia). Selain ikan salmon dan tuna, miyak biji rami, minyak calona dan kenari juga mengandung omega-3. 

6. Kacang-Kancangan

Kacang-kacangan mengandung banyak mineral, vitamin, lemak tidak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang walnut, almond, pecan, pistachio, hazelnut, kacang tanah dan kacang pinus tanah hampir setiap hari memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.

7. Tomat

Merupakan buah kaya akan Vitamin C, Vitamin A, kalium dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Tomat juga mengandung Iycopene yang akan bekerja sama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung.

8. Buah Naga

Jenis buah naga tersebut sama-sama memberikan khasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten. yang mampu mengeruk sel kanker dan memberi nutrisi pada jantung sehingga jantung akan menerima nutrisi yang banyak dan jantung terhindar dari serangan jantung yang mematikan.

9. Delima Merah

Penelitian menunjukkan bahwa buah delima merah dapat membantu mengurangi penumpakan plak diarteri dan menurunkan tekanan darah. Manfaat delima merah berasal dari senyawa Antosianin di dalamnya. Peneliti juga menemukan bahwa dibandingkan dengan minuman kaya antioksidan termasuk jus bluberry, cranberry dan anggur merah, delima merah memiliki kapasitas antioksidan yang sangat tinggi.

10. Buah Sitrus

Buah jeruk termasuk jeruk, lemon dan limau. Buah ini mengandung flavonoid dan karotenoid yang melindungi terhadap stres oksidatif dan penurunan peradangan dalam tubuh, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular. Sebuah studi 2011 di “Journal of Epidemiology” menemukan bahwa sering asupan buah jeruk dikaitkan dengan insiden lebih rendah dari penyakit jantung.

11. Aneka Buah Beri

Buah Beri seperti blueberry, stroberi, raspberry dan blackberry, mengandung anthocyanin, yang membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan penjaga terhadap penumpukan plak. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya tiga porsi blueberry dan stroberi per minggu memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung.

12. Teh Hijau

Mempunyai bukti terkuat tentang manfaat teh bagi penyakit jantung berasal dari berbagai penelitian. Para ilmuan menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari memiliki kesehatan tubuh yang sangat baik.

Mungkin hanya itu yang bisa kami informasikan mengenai Makanan Sehat untuk penderita jantung, selain sayuran yang baik bagi jantung Anda. untuk informasi lengkapnya silahkan anda klik di Obat Terampuh Penyakit Jantung.

Makanan Sehat untuk Penderita Jantung