Posted on

Makanan sehat Penyakit Batu Empedu

Haii sahabat Gamat, kali ini kami akan membahas tentang Makanan sehat penyakit batu empedu. Kamu pasti tahukan apa penyakit empedu itu? iya mari kita ketahui sekilas tentang penyakit batu empedu.

Batu empedu merupakan batu yang terbuat dari kolesterol karena adanya penyumbatan di dalam empedu. Ukuran batu empedu seperti sekecil kelereng dan sebesar bola pingpong.

 

Batu empedu terbagi menjadi 3 bagian, yakni Batu kolesterol yang terbuat dari cairan kolesterol, Batu pigmen/bilirubin yang terbuat dari cairan bilirubin yang masuk ke empedu, dan Batu campuran yang terbentuk dari kolesterol dan pigmen.

Gejala – gejala batu empedu adalah sakit perut yang berlebihan, mual, merasakan pusing yang berlebihan, Penyakit kuning, Angin duduk, Demam, dan lain-lain.

Anda juga harus mengetahui tentang makanan sehat yang dianjurkan untuk penyakit batu empedu, Agar tidak sembarangan dimakan karena akan mengakibatkan batu empedu tersebut semakin parah.

Makanan sehat Bagi penderita Batu Empedu

1. Tuna

Kandungan yang baik pada ikan tuna untuk penyakit batu empedu adalah Omega-3 untuk mengatur tubuh dari kadar kolesterol yang buruk.

2. Beras Merah

Kandungan dalam beras merah akan menghancurkan kolesterol yang jahat pada tubuh Anda. Beras merah juga bisa dijadikan bahan makan pengganti beras putih, tetapi beras merah tidak untuk meningkatkan potensi lemak dalam tubuh.

3. Brokoli

Brokoli dapat menetralkan enzim-enzim yang berlebihan disalam tubuh. Sayuran hijau ini bisa untuk mencegah penyakit batu empedu yang kaya akan  serat dan mengandung karbohidrat, vitamin, dan kalsium yang sangat bagus.

4. Lobak

Jenis lobak yang bisa mengatasi batu empedu adalah lobak hitam. Yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kadar HDL, dan menurunkan kadar lipid dalam darah.

5. Yoghurt

Termasuk makanan yang bersumber kalori yang baik untuk tubuh, karena yogurt memiliki beberapa kandungan yang sangat baik yaitu : serat, antioksidan, protein, dan lemak tak jenuh.

6. Bayam

Bayam adalah sayurn hijau yang bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu dengan batas tertentu. Bayam banyak mengandung senyawa oksalat sehingga dapat meningkatkan potensi masalah batu ginjal. Potensi senyawa oksalat hanya bermasalah dengan batu ginjal bukan dengan batu empedu. Jadi,  bayam bisa dikategorikan makanan sehat bagi penderita empedu, tetapi harus dibatasi mengkonsumsinya.

7. Mentimun

Mentimun memiliki air yang kandungannya sangat bermanfaat untuk membersihkan racun pada hati. Anda juga bisa mengonsumsi mentimun dengan cara di jus. Selain itu juga, mentimun banyak mengandung vitamin B, secoisolariciresinol, pinoresinol dan lariciresinol.

8. Air Kelapa hijau

Buah kelapa mengandung air kelapa yang ada pada dalam batok kelapa dan rasanya sangat menyegarkan. Kandungan elektrolit dan isotonik yang bisa membantu mencegah dehidrasi dan membersihkan pencernan serta kantung empedudari tumpukan lemak dan kolesterol yang jahat.


Anda ingin tahu Obat Herbal mengatasi, mencegah penyakit batu empedu?

Klik Disini


Itulah beberapa makanan sehat penyakit empedu yang kami ketahui, mohon maaf bila ada kata yang tidak berkenan atau kesalahan pada kata.

Berikut hal-hal yang terkait pada artikel ini :

Waspada Gejala Batu Empedu

Jenis – Jenis Batu Empedu

10 Faktor Penyebab Batu Empedu

Semoga Lekas SEmbuh:)