Posted on

Konsumsi Beras Merah Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi Beras Merah Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol – Beras merah ialah salah satu makanan pokok yang menjadi saudara dari beras putih. Namun pada beras merah ini masih memiliki bungkus warna merah yang menyelimutinya dan disebut sebagai lapisan pelindung bijirin. Pelindung bijirin ini merupakan salah satu yang sangat penting dari beras merah, karena mempunyai banyak kandungan dan gizinya yang sangat istimewa dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika mengkonsumsinya. 

beras-merah

Selain itu, dalam lapisan pelindung bijirin ini mengandung banyak serat dan nutrisi yang slalu dibutuhkan oleh tubuh, yang sebagai salah satunya dapat menjaga keadaan tubuh agar tetap fit dan sehat serta dapat mengatasi beberapa resiko suatu penyakit. Salah satu penyakit yang sangat bagus untuk mengkonsumsi beras merah ini setiap hari ialah penyakit kolesrterol. Karena dalam kandungan beras merah memiliki manfaat dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cepat.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Beras Merah Ialah :

Jika dalam 1 cangkir nasi beras merah tumbuk mengandung :

  1. 216,45 Kalori,
  2. 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan,
  3. 27% DV selenium,
  4. 21% DV magnesium,
  5. 18,8% DV asam amino triptofan,
  6. 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram),
  7. Kandungan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih,
  8. Mengandung asam lemak alfa-linolenat,
  9. Zat besi,
  10. Vitamin B kompleks,
  11. Dan vitamin A. 

Dari kandungan dan gizi tersebut maka sudah jelas bahwa memang beras merah ini sangatlah baik dikonsumsi oleh para penderita kolesterol sebagai makanan pokok sehari – harinya. Karena menurut para ahli pun bahwa beras merah ini dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Dan kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.

Jadi, bagi para penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengganti nasi putih yang sebagai makanan pokoknya menjadi nasi merah, agar kadar kolesterol tinggi yang ada dalam tubuh bisa menjadi turun dengan cepat. Karena jika kadar kolesterol ditubuh kita sangat tinggi akan menimbulkan dan memicu beberapa penyakit yang lebih beresiko. Namun, jika mengkonsumsi beras merah setiap hari sebagai pengganti nasi putih maka kolesterol tinggi yang dapat menimbulkan penyakit beresiko pada tubuh akan menurun, dan menggantinya dengan kolesterol yang baik sebagai pemenuhan nutrisi pada tubuh.

Artikel Terkait :

download-1Obat Untuk Menurunkan Kolesterol Terampuh Dan Alami

cumiBahaya Makan Cumi Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

gorenganDampak Negatif Konsumsi Gorengan Jika Terlalu Sering

Maka sudah sangat jelas bukan? Jika anda memang sudah didiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka secepatnya anda ganti makanan pokok anda menjadi beras merah, karena memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, dimana kelebihan lemak salah satu faktor penyebab kadar kolesterol menjadi tinggi dalam tubuh kita.

Sekian untuk artikel kali ini yang membahas konsumsi beras merah dapat menurunkan kadar kolesterol. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat buat anda. Dan juga bisa menambah wawasan anda. Terimakasih. Salam Sehat Wahidun Herbal.

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • efek samping beras merah
  • efek makan beras merah setiap hari
  • bahaya beras merah
  • efek samping beras merah untuk kesehatan
  • efek samping makan beras merah setiap hari
  • efek samping makan beras merah
  • efek makan beras merah
  • bolehkan mengkomsusi beras merah setiah hari
  • takaran nasi merah untuk 1kali makan pada penderita diabet
  • makan beras merah tiap hari