Posted on

Kenali 9 Gejala Penyakit Leukimia

Banyak kasus yang terkena Penyakit Leukimia yang tak tersadari dan sudah mencapai stadium akhir. Leukimia merupakan salah satu jenis kanker darah yang berkondisi dimana sel-sel pada sumsum tulang belakang yang memproduksi dan fungsi sel darah putih dalam melawan infeksi.Sel darah putih hanya muncul karena adanya infeksi atau benda asing yang masuk dalam tubuh.

Gejala penyakit Leukimia

Gejala Leukimia,- Gejala leukimia ini pada dasarnya sulit untuk ditemukan dan terdiagnosakan, karena tidak memiliki ciri-ciri yang khas. Tetapi, leukimia memiliki gejala-gejala yang dapat membantu mendeteksi penyakit ini, yaitu :

1. Rentan terkena infeksi

Umumnya, demam sering terjadi dan berlangsung selama beberapa hari sehingga suhu badan mencapai 38 derajat celcius. Leukimia terjadi karena sel darah putih, akibatnya berbagai macamkuman yang menyerang tubuh tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Oleh karena itu, tubuh menjadi rentan terkena infeksi.

2. Anemia

Anemia adalah salah satu jenis penyakit leukimia. Dimana anemia merupakan jenis penyakit yang kekurangan darah merah. Oleh karena itu, penderita leukimia umumnya mengalami anemia yang menyebabkan sebab lemah, warna kult gelap, sesak nafas, letih dan lesu.

3. Darah sukar membeku

Leukimia terjadi karena sel darah putih yang belum matang, mengacaukan trombosit darah, yang penting untuk pemprosesan pembekuan darah.

4. Nyeri sendi dan tulang

Penyakit leukimia sering terjadi di bagian persendiannya atau bagian tulang belakan. Bahkan rasa nyeri yang luar biasa ini bia membuat orang mengalami demam tinggi. Penderita leukimia juga sering merasakan nyeri dibagian perut juga, sehingga mengakibatkan organ hati atau limfa membengkak.

5. Sering berdarah dan memar

Gelaja umum leukimia yang sering terjadi mengalami pendarahan darah membeku didalam tubuh akibat kekurangan trombosit. Rendahnya trombosit dalam tubuh mengakibatkan keterlambatan pembekuan darah.

Gejala Lainnya :

6. Mimisan

7. Peradangan Gusi

8. Nafsu makan menurun

9. Mengalami penurunan berat badan secara drastis

Itulah beberapa Gejala yang hharus Anda ketahui dan waspadai dari mulai sekarang. Mohon maaf bila ada kata – kata yang tidak sesuai dengan teks.


Baca Juga :