Posted on

Gejala Penyakit Lupus

Gejala Lupus SLE sangat beragam, banyak penderita SLE yang hanya merasakan beberapa gejala ringan untuk waktu lama lalu tiba-tiba mengalami serangan yang parah.

Gejala Lupus,- Lupus merupakan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh, penyakit ini kebalikan dari kanker HIV/AIDS. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Jenis yang paling umum dari lupus adalah systemic lupus erythematosus (SLE). Penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui, biasanya genetik atau faktor lingkungan.

Gejala utama Lupus

Gejala yang muncul bisa berbeda-beda setiap orang dan sangat sulit dikenali. Berikut adalah geja-gejala penyakit Lupus :

1. Kelainan neurologik

Terjadi kelainan neurologik atau pada sistem saraf sehingga odapus sering mengalami kejang, jadi pelupa, hingga stroke.

2. Rasa lelah yang berlebihan 

gejala yang paling sering dikeluhkan oleh penderita adalah Rasa lelah. Rasa lelah yang berlebihan ini sangat mengganggu dan menghambatnya aktivitas sehari-hari.

Banyak pula penderita yang mengatakan bahwa gejala ini merupakan dampak negatif terbesar dari penyakit ini.

3. Ruam wajah berebentuk kupu-kupu

Gejala peling umum adalah adanya ruam-ruam merah berbentuk kupu-kupu, karena ruam-ruam tersebut berbentuk sayap dikedua pipi dan mengecil saat  ruam melewati hidung (tubuh kupu-kupu). Jika Anda terkena gejala tersebut segerakan konsultasi kepada dokter.

Baca juga : Cara mengobati penyakit Lupus

4. Tidak tahan dengan sinar Matahari

Orang yang memiliki Lupus biasanya tidak tahan dengan sinar matahari, karena sinar matahari dapat menimbulkan gejala yang sangat parah.

5. Sariawan

Orang yang menderita Lupus biasanya sering mengalami sariawan dan biasa disebut oral ulcers, sariawan ini terjadi pada dinding-dinding mulut dan hidung.

6. Pembekakan, Nyeri sendi dan Kaku

Pandangan yang terjadi pada sendi membuat tubuh merasa sangat nyeri, kaku dan bengkat, hal ini juga bisa disebut dengan arthristis.

7. Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud didefinisikan sebagai fenomena yang mengakibatkan jari tangan dan kaki yang berubah menjadi putih atau biru jika terkena dingin/ selama periode stress.

8. Discoid Rash/ Ruam klasik

Discoid rash yang berbentuk seperti lingkaran dimana pada bagian luar ruam berwarna lebih merah dibanding bagian tengah. Ruam ini bisa terjadi pada lupus jenis discoid dan Ruam ini akan menjadi parah jika terkena sinar matahari.

Geja-gejala lain yang menyertai

Ada beberapa gejala lain yang dapat muncul selain yang gejala utama. Tetapi tidak semua gejala tersebut akan dialami penderitab lupus. Banyak penderita lupus yang hanya mengalami gejala utama saja. Berikut adalah gejala-gejala lain dari penderita Lupus :

  • Deman tinggi (38ºC atau lebih)
  • Tekanan darah tinggi
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Sakit kepala
  • Rambut rontok
  • Mata kering
  • Sakit dada
  • Hilang ingatan
  • Napas pendek akibat inflamasi paru-paru, dampak ke jantung, atau anemia.

Karena beberapa gejala tersebut bisa ditemukan pada penyakit lain. Individu yang terkena harus jaga-jaga bila terjaid kambuh, karena Lupus cenderung menunjukkan peningkatan dari waktu ke-waktu.

Selama bertahun-tahun, tingkat kematian Lupus telah menurun secara signifikan karena diagnosis akurat waktu dan ketersediaan obat yang lebih baik.

Pada kesempatan kali ini, kami memberikan solusi terbaik dalam mengobati atau mengatasi sekaligus mencegah dari timbulnya penyakit Lupus yang berkomplikasi berbahaya.

¹. Qnc Jelly Gamat

². Walatra G Sea Jelly

³. Walatra Gamat Emas Kpasul

Sekian sekilas penjelasan Gejala Penyakit Lupus dari Kami, Semoga Bermanfaat bagi Anda.

“Terima kasih telah memilih Product Kami, Semoga Cepat Sembuh:)”

Gejala Penyakit Lupus