Posted on

25 Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal,- Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah penyakit ginjal. Banyaknya kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit ginjal. Ada beberapa gejala yang menandakan gangguan ginjal. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari gejala tersebut sehingga berkembang menjadi penyakit ginjal.

Ginjal merupakan dua organ yang berbentuk kacang ditemukan disisi kiri dan kanan tubuh pada vertebrata. Ginjal menyaring darah untuk membuat urin, melepaskan dan menahan air, dan membuang limbah dan nitrogen (Sistem Ekskretoris)

Ginjal juga bisa mengendalikan kosentrasi ion dan keseimbangan asam-basa darah. Setiap ginjal memberi makan urine kedalam kandung kemih  dengan menggunakan tabung yang dikenal sebagai ureter. Serta membantu memproduksi hormon termasuk calcitriol dan eritropoietin.

Penyakit ginjal seringkali tidak memberi gejala sampai seseorang terserang penyakit seperti saat ginjal gagal atau bila ada sejumlah batu ginjal. Hal inilah yang menyebabkan orang yang terkena penyakit ginjal baru menyadarinya setelah terserang penyakit tersebut.

Gejala awal Penyakit Ginjal

1. Anemia

Paru-paru merupakan organ yang membutuhkan oksigen. Jika pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang gara-gara kinerja paru-paru yang terganggu bisa membuat penderita ginjal mengalami anemia. Sel darah merah akan berkurang sebab pasokan oksigen yang sedikit di dalam tubuh.

2. Rasa mual

Penderita ginjal beresko mengalami gejala mual, penyebabnya terjadi penumpukan cairan di dalam perut. Saa perut penuh dengan cairan, lambung menjadi tertekan, akhirnya menimbulkan rasa mual.

3. Rasa Gatal yang berlebihan

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk. Berikut ada hal-hal yang berkaitan dengan rasa gatal akibat penyakit ginjal :

  • Fungsi ginjal yang sudah tidak normal akan menyebabkan gangguan ginjal.
  • Fungsi ginjal yang sudah tidak dapat berfungsi lagi mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh.
  • Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, namun pada wanita kebanyakan rasa gatal itu di bagian tangan, pergelangan tangan dan juga kaki.
  • Rasa gatal itu juga bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena kena ulat bisa mudah hilang. Sedangkan gatal pada penyakit ginjal akan ada setiap harinya.
  • Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal, gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk meski dengan garukan yang ringan. Sehingga pendarahan kulit bisa terjadi.

4. Sulit bernafas

Ciri lain dari penyakit ginjal adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Penyebab penderita ginjal menjadi sulit bernafas dikarenakan penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsinya terganggu, cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semuanya sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan cairan di paru-paru itulah yang membuat penderita ginjal sulit bernafas. Seharusnya organ paru-paru berisi udara, namun pada penderita ginjal paru-paru justru berisi cairan sisa metabolisme. Jika cairan memenuhi rongga paru-paru akibatnya penderita ginjal akan mengalami sesak nafas yang akut.

5. Cepat Lelah

Kurang sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh akan membuat penderita ginjal mudah lelah. Alasannya adalah oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam pemecahan makanan menjadi  energi. Jika oksigen yang ada di dalam tubuh sedikit akibatnya adalah makanan yang dipecahkan menjadi energi pun hanya sedikit. Kekurangan energi di dalam tubuh bisa menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.

Gejala Penyakit Ginjal lainnya :

1. Mudah pusing

Jika anda mudah pusing bisa jadi anda sedang terkena anemia, anemia merupakan salah satu tanda penyakit ginjal meski tidak semua anemia berujung pada penyakit ginjal. Pusing tersebut disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir ke otak. Oksigen yang kurang juga membuat sel darah merah sedikit. Jika sel darah merah di kepala atau otak sedikit akibatnya penderita ginjal akan merasakan pusing yang tak kunjung sembuh. Perlu Anda ketahui jika Anda menderita Anemia dan merasakan gejala penyakit ginjal lainnya. 

2. Tekanan darah tinggi

Radang ginjal bisa mengakibatkan timbulnya terkena darah tinggi. Apabla sebelumnya seseorang belum pernah memiliki riwayat darah tinggi, tetapi kemudian tiba-tiba terkena tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi potensi gejala sakit ginjal. Gejala berupa tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal, yang juga memiliki komplikasi penyakit diabetes.

3. Rasa Sakit dibagian pinggang

Penterita penyakit ginjal bisa mengalami sakit pinggang walalupun tidak beraktivitas berat, atau yang menggunakan otot. Gejala penyakit ginjal yang satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan. Belum tahu cara membedakan sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan yang merupakan sakit pinggang biasa.

Penyebab gejala sakit di pinggang karena penyakit ginjal, dimana munculnya rasa nyeri karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih (ureter). Batu ginjal itulah yang menimbulkan rasa sakit / nyeri di pinggang. Apabila ukuran batu ginjal semakin membesar, maka rasa nyeri di pinggang akan semakin sering terasa. Ciri-ciri nyeri pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal, yaitu nyeri bersifat kolik, datang secara tiba-tiba.

Ciri-ciri lainnya :
  • Urine beraroma tidak enak.
  • Nyeri yang dirasakan, bisa bersamaan dengan kondisi tubuh yang panas, dan menggigil.
  • Nyeri sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.
  • Nyeri sering disertai dengan mual, bahkan sampai muntah.
  • Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha.

4. Osteoporosis

Penderita sakit ginjal bisa mengalami masalah osteoporosis. Penyebabnya, pada penderita ginjal, asupan vitamin D beresiko menjadi cenderung menurun, karena penderita ginjal tidak bisa secara maksimal memperoleh asupan vitamin D dari makanan atau sinar matahari. Kondisi kekurangan vitamin D ini , mengakibatkan penderita ginjal beresiko terkena masalah para organ tulang, seperti penyakit osteoporosis.

5. Nyeri saat berkemih

Orang yang terkena infeksi ginjal, bisa mengalami demam ringan. Demam sebenarnya adalah gejala suatu penyakit. Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan gejala demam, dan seringnya demam tidak kunjung sembuh, atau lama sekali sembuhnya (tidak wajar) walaupun sudah diberikan obat khusus penurun demam.

6. Urin berwarna keruh

Ciri penderita yang mengalami infeksi ginjal merupakan kondisi urinnya berwarna keruh. Dimana bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh akan menginfeksi ginjal, yang menyebabkan fungsi ginjal menurun dalam menyaring urin.

7. Kencing berdarah

Ciri seseorang terkena penyakit ginjal hematuria yaitu urin yang dikeluarkan dapat bercampur dengan darah. Hal ini terjadi karena kondisi filter ginjal yang tidak maksimal fungsinya, ginjal tidak mampu untuk menyaring urin yang dikeluarkan melalui ginjal. Darah di dalam tubuh bisa keluar ketika kencing karena fungsi filter ginjal yang bermasalah.

8. Bengkak dipelupuk mata

Orang yang menderita ginjal biasanya sampai kebagian pelupuk mata. Gejala ini berasal dari masalah radang ginjal yang dialami. Radang ginjal dapat disebabkan oleh bakteri, bakteri tersebut merusak nefron pada ginjal yang mengakibatkan urin kembali masuk ke dalam darah.

Air yang dimasukkan ke dalam tubuh yang tidak dapat diserap dengan baik. Membuat pembengkakan bisa terjadi di pelupuk mata. Penderita radang ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidupnya. Selain itu, pembengkakan juga bisa terjadi di daerah lutut dan buah zakar.

9. Kencing diserbu semut

Ini bisa menjadi gejala penyakit ginjal glukosaria. Orang yang sakit glukosaria akan memiliki kadar gula di dalam urin, yang membuat urin tersebut saat dikeluarkan akan memancing kehadiran semut. Glukosaria juga bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin sisa metabolisme.

10. Menghambat pertumbuhan

Anak-anak yang menderita penyakit ginjal mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya terhambat. Dimana organ ginjal merupakan organ yang sangat vital dalam mendukung pertumbuhan anak-anak dan bayi.

11. Diare

Anak- anak yang menderita penyakit ginjal berisiko akan sering diare. Penyebabnya karena saluran cerna pada anak terkena infeksi, oleh bakteri yang menyerang ginjal. Hal ini menyebabkan anak rentan terserang diare.

12. Sedikit mengeluarkan air kemih

Ciri-ciri sakit ginjal akut yang termasuk sangat perlu diketahui. Jumlah air urin yang keluar saat berkemih biasanya membantu dokter dalam diagnosis sakit ginjal akut. Gejala urin yang keluar sedikit menjadi tanda-tanda penyakit ginjal, apalagi diperkuat dengan gejala lain seperti air urin yang lebih gelap, keruh, bahkan berwarna kemerahan seperti warna darah.

13. Perasaan melamun atau ngantuk

Ciri-ciri ini bisa menjad tanda bahwa organ ginjal bermasalah. Biasanya penderita kurang responsif bila dipanggil atau diajak bicara, dan dirinya lebih sering melamun. Toksin atau racun yang seharusnya dibuang oleh ginjal ke dalam urin, akan tetapi justru ikut di peredaran darah hingga ke otak. Zat toksin inilah yang membuat seseorang sulit berkonsentrasi.

Hilangnya atau menurunya tingkat kesadaran ini disebabkan oleh beberapa hal, utamanya karena penumpukan racun yang berlebihan, tidak bisa secara optimal dibuang keluar tubuh melalu proses urinisasi. Hal ini dipicu karena fungsi organ ginjal yang bermasalah.

14. Urin berlebihan

Ginjal bisa diberatkan dengan insulin pada penderita diabetes. Akibatnya adalah orang yang menderita diabetes dan didiagnosa terkena sakit ginjal akan sering buang air kecil terutama saat malam hari. Hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu menahan ekresi manusia berupa urin tersebut.

15. Perut Kembung

Penderita ginjal yang memiliki penumpukan cairan di dalam tubuhnya bisa merasakan perut kembung setiap hari hal itu dikarenakan penumpukan cairan di dalam perut bisa membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman.

16. Sering Kram ekstrim

Orang yang menderita ginjal bisa terkena kram otot parah, penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh beraksi salah satunya dengan cara kram tersebut.

17. Lapisan perut meradang

Pada tubuh penderita ginjal bisa meradang akibat infeksi bakteri yang masuk kedalam tubuh manusia. Hal ini diperparah antibody penderita ginjal yang biasanya menurun. Saat antibody menurun tubuh akan mudah terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah peradangan lapisan perut.

18. Pucat

Produksi sel darah merah yang sedikit di dalam tubuh bisa menyebabkan memiliki kulit tubuh yang pucat. Coba lihat telapak tangan anda, apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau kemerah-merahan. Jika telapak tangan anda pucat bisa jadi anda sedang terkena anemia.

19. Tidak Berkonsentrasi

Pada penderita ginjal akan sulit sekali untuk konsentrasi. Bahkan untuk waktu yang sebentar saja dia tidak bisa untuk konsentrasi. Sulit konsentrasi itu disebabkan oleh anemia yang diderita oleh penderita ginjal. Asupan oksigen yang tidak cukup atau sedikit dan juga sedikitnya sel darah merah di otak membuat penderita penyakit ginjal sulit untuk melakukan konsentrasi.

20. Sering kehilangan keseimbangan

Rasa pusing yang sering dialami oleh penderita ginjal menyebabkan dirinya tidak bisa menjaga keseimbangan. Untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita penyakit ginjal akan sering sekali terjatuh.

Pada kesempatan kali ini, kami mempunyai solusi untuk mencegah penyakit ginjal dengan pengobatan herbal alami, yakni :

¹. Qnc Jelly Gamat

Merupakan produk kesehatan herbal terbaik generasi terbaru yang terbuat dari ekstrak teripang emas sebagai bahan utamanya. Teripang merupakan hewan laut yang memiliki tubuh panjang dan tidak bertulang belakang yang umumnya hidup di dasar laut. Selain menggunakan ekstrak teripang emas sebagai bahan utamanya, herbal QnC Jelly Gamat ini juga menggunakan beragam bahan alami lainnya sebagai perpaduannya. Qnc Jelly Gamat ini sudah memiliki izin dari BPOM dan teruji kehalalannya oleh MUI. 

². Walatra G Sea Jelly

Selain Qnc Jelly Gamat ada juga Walatra G Sea Rasa Jeruk. Walatra G-Sea Jelly merupakan produk Obat Herbal terbaru yang terbuat dari bahan Teripang Emas. Selain memiliki rasa manis Walatra G Sea Jelly ini terpadu dengan Madu dan Temulawak. Keduanya mempunyai khasiat yang cukup tinggi. Madu merupakan salah satu obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit misalnya : meredakan batuk, menghilangkan jerawat, mencegah diabetes, Temulawak banyak digunakan sebagai bahan obat pada zaman nenek moyang kita dahulu. Sedangkan Khasiat Varian Rasa Jeruk adalah sangat penting untuk kesehatan, buah yang kaya vitamin C ini dapat membuat tubuh lebih sehat.

³. Walatra Gamat Emas Kapsul

Bagi Anda yang tidak menyukai Walatra G Sea Jelly Cair Kami juga Menyediakan Walatra Gamat Emas Kapsul. Walatra Gamat Emas Kapsul ini cukup Praktis, berisi 100butir, Khasiatnya hampir sama dengan Walatra G Sea Jelly akan tetapi Walatra Kapsul ini tidak tercampur dari bahan lainnya. Gamat Emas Kapsul merupakan suatu produk kesehatan herbal dan berkhasiat yang luar biasa yang diracik dan telah dihadirkan bagi Anda.

Cara Pemesanan Dari Ketiga Obat Herbal diatas sangatlah mudah, yakni :

0813.2128.1994#sthash.VsEOMJUq.d

QJS : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No. Hp/Telp

WS : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No. Hp/Telp

WKS : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No. Hp/Telp
KIRIM KE 081221653653 (Sms/WA)

Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran

Anda Bisa memilih salah satu diantara ketiga Obat Herbal yang bisa mencegah Penyakit Ginjal. Dengan Format jelas untuk :

* QJS (Format jika Anda memesan Qnc Jelly Gamat)

* WS (Format jika Anda memesan Walatra G Sea Jelly)

* WKS (Format jika Anda memesan Khasiat Walatra Gamat Emas Kapsul).

KAMI TIDAK AKAN MEMPROSES BILA FORMAT ATAU KODE PEMESANAN TIDAK DICANTUMKAN / TIDAK JELAS

Terima kasih Anda telah memilih Product kami, Obat Herbal ini adalah solusi untuk menyembuhkan Penyakit Anda. Semoga Lekas Sembuh:)

25 Gejala Penyakit Ginjal

Incoming search terms:

  • manfaat buah mahoni untuk payudara
  • makanan yang dianjurkan untuk penderita penyakit kulit
  • benjolan berpindah pindah
  • Bolehkah daun alpukat dikonsumsi bagi penderita penyakit mag
  • bengkoang untuk sakit tioes
  • sistem organ apa saja yang terpengaruh jika seseorang terserang penyakit stroke
  • sistem organ apa saja yang terpengaruh jika seseorang terserang penyakit struk
  • penyebab wajah ada tanda lahir oleh ustad danu dan cara pengobatannya
  • bolehkah penderita bisul makan mie
  • bolekaah penyakit jamur makan santan