Posted on

Gejala Kanker Rahim

Gejala Kanker Rahim,- Rahim merupakan salah satu organ berongga yang berada di area panggul wanita. Rahim berbentuk seperti buah pir terbalik, bagian atas disebut fundus, bagian tengah corpus dan bagian bawah adalah serviks. Di dalam rahim bayi akan tumbuh dan berkembang sebelum akhirnya dilahirkan.

 

Salah satu yang sering menimpa pada rahim wanita adalah kanker. Kanker rahim merupakan penyakit yang paling ganas berjenis tumor yang menyerang pada bagian sistem reproduksi wanita yaitu rahim. Jenis kanker ini dapat menyerang otot-otot disekitar rahim sehingga berbentuk sarkoma uteri, yang tidak sering terjadi. Jenis kanker dapat dibedakan menjadi 2 bagian yakni, Endrometrium dan sarkoma rahim.

Penyebab adanya kanker rahim juga belum diketahui secara pasti. Tetapi bisa dikarenakan faktor genetik, obesitas, diabetes, menopaus terlambat, itu yang sangat membahayakan bagi rahim.

Gejala Kanker Rahim

Gejala yang paling umum adalah pendarahan pada vagina. Diperkirakan hampir 9 dari 10 penderita yang mengalami gejala ini. Meski tidak semua perdarahan abnormal disebabkan oleh kanker rahim, tapi Anda tetap perlu waspada. Gejala – gejala tersebut meliputi :

1. Keluarnya darah pada vagina yang tidak normal

Jika ada darah yang keluar dari vagina di luar jadwal menstruasi, Anda bisa segera waspada dan tidak menyepelekannya. Keluarnya darah dari vagina di luar jadwal menstruasi, apalagi jika Anda sudah melewati masa menopause, merupakan salah satu gejala kanker rahim.

2. Keputihan yang tidak wajar

Adanya keputihan setiap hari yang berwarna bening pada wanita itu hal yang normal. Tetapi, jika keputihan yang tidak berwarna bening, akan menimbulkan gatal-gatal dan bau tertentu, sebaiknya Anda waspada. Bisa jadi keputihan tersebut gejala kanker rahim.

3. Menstruasi yang sangat lama

Gejala keluarnya darah dari vagina mungkin akan mudah dikenali pada wanita yang sudah mengalami menopause. Waktu menstruasi yang lama itu bisa jadi bukan hanya karena darah menstruasi yang keluar, namun pendarahan yang disebabkan oleh faktor lain.

4. Gangguan saat buang air kecil

Tanda awal yang bisa menjadi kenker rahim adalah nyeri pada saat buang air kecil. Gejala ini mungkin akan lebih sulit dibedakan dengan penyakit saluran kencing. Tetapi, jika Anda mengalami ini lama dan tak kunjung sembuh, mungkin Anda patut waspada. Ini bisa terjadi karena adanya sel kanker yang mengganggu saluran keluarnya urin sehingga Anda merasakan nyeri pada saat buang air kecil.

Gejala – gejala lainnya

Selain gejala – gejala diatas yang tampak lebih khusus pada kanker rahim, ada juga beberapa gejala umum lainnya yang sering terjadi.

  1. Rasa lelah yang berlebihan
  2. Hilangnya nafsu makan 
  3. Mual dan rasa ingin muntah
  4. Rasa sakit dipunggung, kaki hingga kebagian panggul

Gejala – gejala yang tidak sering ditemukan

  1. Gula darah yang tinggi
  2. Sel darah merah yang kurang dari normal atau mengalami anemia
  3. Kadar platelet dalam darah tinggi (thrombocytosis)

Itulah beberapa gejala kanker rahim yang dapat kami bahas, Mohon maaf bila ada kata yang tidak sesuai dengan teks.

Artikel yang terkait : Obat Herbal Kanker Rahim