Posted on

4 Faktor Penyebab Penyakit Lupus

Faktor penyebab terserangnya seseorang terhadap penyakit Lupus, akan tetapi terpengaruh dari lingkungan dan faktor genetik, hormon diduga sebagai penyebabnya.

Faktor penyebab Lupus,- Apa itu penyakit Lupus? Penyakit yang disebabkan karena kelebihan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang berlebihan tersebut menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Biasanya bagian tubuh yang diserang adalah kulit, sendi, sel darah, paru-paru, dan jantung. Sistem kekebalan tubuh justru menyerang sistem organ yang ada di dalam tubuh. Karena ketidakseimbangan imunitas yang terjadi di dalam tubuh, maka penyakit lupus termasuk penyakit yang tidak menular namun berpotensi mematikan.

Gejala penyakit lupus utama pada umumnya berupa ruam kulit di area pipi kanan dan kiri serta di batang hidung. Gejala ini biasa disebut butterfly rash. Gejala lainnya yaitu rasa lelah yang ekstrem bahkan setelah cukup beristirahat. Gejala utama yang sering ditemukan yaitu rasa nyeri yang muncul pada persendian tangan dan kaki.

Waspada Faktor Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus berkaitan dengan kondisi autoimun di mana tubuh tidak bisa membedakan antara bakteri jahat dan bakteri baik. Seharusnya sistem kekebalan tubuh (imunitas) menghancurkan bakteri jahat. Sebagian besar pakar kesehatan menganggap penyebab penyakit lupus karena adanya beberapa faktor ini :

1. Hormon

Ada hubungan antara hormon estrogen dengan munculnya penyakit lupus, namun hormon estrogen ini dimiliki baik wanita ataupun pria. Namun tetap hormon estrogen yang jauh lebih tinggi pada wanita. Akan tetapi hingga kini belum diketahui jenis hormon apa yang menjadi penyebab besarnya prevalensi lupus pada perempuan pada periode tertentu yang menyebabkan meningkatnya gejala Lupus.

2. Lingkungan

Faktor lingkungan dipercaya menjadi penyebab penyakit lupus. Salah satu faktor lingkungan tersebut adalah perubahan hormon saat puber atau hamil. Selain itu paparan sinar matahari juga merupakan indikasi penyebab penyakit lupus. Para peneliti telah menghubungkan antara lupus dan berbagai racun lingkungan, contohnya seperti asap rokok dan gel natrium silika. Virus herpes zoster, dan sitomegalovirus digadang-gadang juga menjadi salah satu penyebab seseorang terkena lupus.

3. Genetik

Penyebab lain dari penyakit lupus adalah genetik, yang termutasi tersebut umumnya berhubungan dengan fungsi tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Pada mutasi genetik perubahan yang terjadi pada gen DNA dan RNA. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa jika salah satu anak kembar identiK menderita penyakit lupus, maka saudara kembarnya memiliki risiko 25% terkena penyakit lupus.

4. Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang di konsumsi secara berlebihan seperti obat tekanan darah, serta antibiotik. Namun jika gejala lupus timbul karena mengonsumsi obat-obatan tersebut, biasanya akan hilang jika berhenti minum obat tersebut.

Cara Penangan Penyakit Lupus

Walaupun sebenarnya penyakit lupus tidak dapat disembuhkan, namun ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meredakan penyebab penyakit lupus tersebut.

  • Menghindari sinar matahari, karena jika terkena paparan sinar matahari langsung akan memperparah ruam pada kulit bagi penderita lupus, akan sangat disarankan apabila penderita penyakit lupus untuk menghindari kontak dengan sinar matahari
  • Kortikosteroid, Kortikosteroid ini juga merupakan obat anti inflamasi yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Kortikosteroid diberikan ketika masalah pada penderita penyakit lupus sudah cukup parah. Karena obat ini memiliki efek samping seperti penipisan tulang, kelebihan berat badan serta dapat meningkatkan resiko infeksi.
  • Obat Anti Inflamasi Non-Steroid, Contoh dari obat ini adalah naproxen, ibuprofen, piroxicam atau yang lainnya. Obat anti inflamasi ini dapat mengurangi nyeri pada sendi. Karena obat anti inflamasi ini memiliki berbagai macam efek samping. Seperti mengakibatkan masalah lambung, ginjal, hati bahkan jantung.

Pada kesempatan kali ini, kami memberikan solusi terbaik dalam mengobati atau mengatasi sekaligus mencegah dari timbulnya penyakit Lupus yang berkomplikasi berbahaya.

¹. Qnc Jelly Gamat

². Walatra G Sea Jelly

³. Walatra Gamat Emas Kpasul

Sekian penjelasan Faktor Penyebab Lupus dari Kami, Semoga Bermanfaat bagi Anda.

“Terima kasih telah memilih Product Kami, Semoga Cepat Sembuh:)”

4 Faktor Penyebab Penyakit Lupus∼

Incoming search terms:

  • dua jenis penyakit yang tidak bisa di tangani ustad dhanu
  • obat beruntus karna kurang glukosa