Posted on

Dampak Kadar Kolesterol Jahat Jika Terlalu Tinggi

Dampak Kadar Kolesterol Jahat Jika Terlalu Tinggi – Kolesterol merupakan suatu lemak yang diproduksi oleh hati yang menyesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Secara normal tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, empedu, dan zat yang membantu untuk mencerna makanan. Selain diproduksi oleh hati, kolesterol pun bisa didapat dari makanan yang kita konsumsi.

dampak

Adapun, kolesterol yang mengalir pada darah dalam tubuh kita, yang membentuk lemak ini mempunyai beberapa jenis utama. Dan jenis-jenis itu adalah :

  1. LDL (low density lipoprotein)
    LDL atau yang sering dibilang kolesterol jahat ini mempunyai fungsi untuk membawa kolesterol dari hati ke sel. Akan tetapi, jika lemak atau kolesterol jahat tersebut terlalu banyak dikumpulkan dalam sel, itu bisa terjadi penumpukan LDL pada sel. Dan jika LDL tersebut menumpuk di sel dengan kadar melampaui batas norma, sebagian besar akan dapat beresiko munculnya penyakit kronis lain yang mengganggu sel arteri di tubuh kita, karena terhambatnya darah diarteri, serta penumpukan lemak jahat pada sel tersebut.

  2. HDL (high density lipoprotein )
    Kebalikan dari LDL, jenis kolesterol selanjutnya yaitu HDL. HDL ini sering disebut dengan kolesterol baik. Kenapa demikan? Karena menurun peneliti dan para ahli bahwa HDL sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit di arteri. Karena HDL ini mempunyai tugas yang berkebalikan dari LDL, yaitu membawa kembali kolesterol dari sel dan kembali ke hati. Di dalam hati, kolesterol akan dikeluarkan dari tubuh limbah atau biasa disebut dengan proses penghapusan kolesterol.

  3. Trigliserida
    Dan jenis kolesterol yang ke tiga adalah Trigliserida, dimana trigliserida merupakan bahan kimia berupa lemak yang berada pada tubuh serta yang berada pada makanan. Trigliserida ini hadir dalam plasma darah, berkaitan dengan kolesterol dan membentuk lipid plasma (lemak darah). Trigliserida dalam plasma berasal dari lemak dalam makanan kita, atau dibuat dalam tubuh dari sumber energi lain seperti karbohidrat. Kalori yang kita konsumsi tetapi tidak segera digunakan oleh jaringan tubuh dan diubah menjadi trigliserida dan disimpan didalam sel lemak . Ketika tubuh Kita membutuhkan energi, akan tetapi tidak ada makanan sebagai sumber energi, maka trigliserida akan dilepaskan dari sel-sel lemak dan digunakan sebagai energi.

Itulah dari jenis-jenis kolesterol yang terdapat pada tubuh kita. Dari ke tiga jenis tersebut semuanya harus seimbang dalam tubuh kita, sehingga tubuh akan lebih sehat. Beda halnya dengan orang yang mempunyai kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi dibanding jenis kolesterol lainnya, hal inilah yang menjadikan tubuh kita semakin terancam.

Kolesterol jahat dalam darah bisa meningkat melampaui batas normal, ini karena disebabkan oleh adanya asupan dari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan yang memiliki gaya hidup tidak teratur dan seimbang. Karena penyebab inilah yang menjadikan kolesterol jahat didalam darah kita melonjak tinggi. Sedangkan jika kadar kolesterol jahat dalam darah sangat tinggi, efek dan dampak nya pun akan lebih beresiko dan bisa mengancam nyawa anda.

Berikut Adalah Dampak Kadar Kolesterol Jahat Jika Terlalu Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah di tubuh kita akan mempunyai dampak yang sangat fatal bagi kelangsungan hidup si penderitanya. Karena dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah kita akan memicu timbulnya penyakit-penyakit lain yang lebih beresiko. Salah satu dampak dari tingginya kadar kolesterol dalam darah di tubuh kita adalah :

  • Aterosklerosis
    Penyakit aterosklerosis merupakan penyempitan atau pengerasan pada pembuluh arteri.

  • Penyakit jantung koroner
    dampak dari kadar kolesterol yang tinggi ini dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner yang lebih tinggi karena akan terjadi kelainan pada pembuluh darah yang bertugas memasok darah dan oksigen ke jantung.

  • Serangan jantung
    Selain dari penyakit jantung koroner, penyakit serangan jantung secara dadakan juga bisa dipicu karena peningkatan kolesterol dalam tubuh kita. Hal ini disebabkan karena pasokan darah dan oksigen ke area otot jantung tersumbat, biasanya oleh gumpalan di arteri koroner. Hal ini menyebabkan otot jantung berhenti dan terjadi serangan jantung secara tiba-tiba.

  • Angina
    Dampak selanjutnya yang ditimbulkan dari peningkatan kadar kolesterol dalam daarah ialah penyakit angina. Dimana penyakit angina ini merupakan suatu penyakit yang mempunyai rasa nyeri pada dada atau ketidaknyamanan yang terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah.

  • Stroke
    Dan yang terakhir dampak peningkatan kolesterol dalam darah ini adalah terpicunya penyakit stroke. Hal ini dikarenakan pembekuan darah diarteri atau vena, sehingga mengganggu aliran darah ke area otak. Bisa juga terjadi pembuluh darah pecah, sehingga sel-sel otak mulai mati. Jika kolesterol darah dan trigliserida tinggi, maka risiko terkena penyakit jantung koroner juga meningkat secara signifikan. Dan terjadilah komplikasi berbagai penyakit.

Artikel Terkait :

Obat Kolesterol Tinggi

Buah Terbaik Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Konsumsi Beras Merah Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Bahaya Makan Cumi Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Dampak Negatif Konsumsi Gorengan Jika Terlalu Sering.

Itulah dari beberapa dampak yang harus diwaspadai oleh anda penderita penyakit kolesterol. Untuk itu sebelum dampak tersebut akan menyerang kita, maka mulai dari sekarang ubah pola hidup kita menjadi lebih teratur dan seimbang. Agar kehidupan kita menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Wahidun Herbal.

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • Nasi putih buat kolesterol
  • kolestrol bisa makan nasi putih
  • kenapa nasi putih tdk boleh dikomsumsi bagi kolestrol tinggi
  • mengapa kolesterol tinggi dapay menyebabkan mata rabun?
  • kolesterol makan nasi putih
  • knapa uci uci terasa jenut jenut
  • kolesterol nasi
  • efek nasi pada kolesterol
  • apakah soman bisa menyembuhkan uci uci
  • nasi putih apa berkolestrol