Posted on

Daging Kambing Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Daging Kambing Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi – Saat ini banyak kalangan masyarakat yang berasumsi tentang dampak buruk terhadap daging kambing yang dapat memicu tekanan darah naik dan jika dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi akan menimbulkan efek yang sangat fatal. Hal tersebut itu apakah benar adanya?

kambing

Ternyata asumsi kalangan masyarakat ini tidaklah benar adanya, karena dalam penelitian menurut para ahli, disimpulkan bahwa daging kambing ini bukanlah penyebab melonjaknya tekanan darah tinggi ataupun penyebab bertambah parahnya penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan jenuh dalam daging kambing masih kalah dengan jumlah lemak tak jenuhnya, dan juga daging kambing ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang lebih banyak dibandingkan dengan daging babi, sapi, serta ayam.

Berikut adalah perbandingannya :

  • 3ons (85 gram) daging kambing mempunyai jumlah lemak sebesar 2,6 gram, dan  112kal jumlah kalori.
  • 3ons (85 gram) daging sapi mempunyai jumlah lemak sebesar 7,9 gram, dan  179kal jumlah kalori.
  • 3ons (85 gram) daging babi mempunyai jumlah lemak sebesar 8,2 gram, dan  180kal jumlah kalori.
  • 3ons (85 gram) daging ayam mempunyai jumlah lemak sebesar 6,3 gram, dan  162kal jumlah kalori.

Dari perbandingan diatas maka dapat disimpulkan bahwa daging kambing ini sudah terbukti mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibanding jenis daging lainnya. Dan lemak tak jenuh yang terdapat pada daging kambing ini dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, mengurangi imflamasi dan dapat menstabilkan jantung, sehingga daging kambing ini tidak menyebabkan darah tinggi secara langsung.

Akan tetapi, walaupun daging kambing ini bukanlah pemicu penyakit hipertensi, bukan berarti kita harus terus-terusan mengkonsumsi daging kambing tersebut, karena ada beberapa bagian daging yang memang dapat menimbulkan suatu penyakit tertentu, misalnya untuk bagian jeroan daging kambing, sebaiknya untuk jeroan daging kambing ini harus benar-benar dihindari, karena jeroan kambing dapat membuat pembuluh darah kita menjadi tersumbat. hal inilah yang akan menjadi pemicu penyakit berbahaya karena aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan lancar dan terhalang oleh tumpukan lemak disepanjang pembuluh darah. Jadi, resiko ini lebih tinggi dibandingkan dengan resiko darah tinggi yang disebabkan oleh daging kambing.

Maka untuk itu, tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi daging kambing, karena daging kambing ini sudah terbukti bukanlah yang menyebabkan penyakit hipertensi itu muncul. Akan tetapi jika anda memang masih merasa takut untuk mengkonsumsinya anda bisa mengolah daging kambing tersebut dengan cara membuang dulu lemak yang terdapat daging kambing dengan merebusnya dan setelah mengkonsumsi daging kambing disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah yang akan kaya serat. Salah satunya dengan buah jeruk, karena buah jeruk mengandung vitamin C tinggi yang dapat menetralkan lemak jenuh pada kambing yang di makan. Asalkan daging kambing yang anda konsumsi jumlahnya tidak berlebihan, lemak akan dikontrol oleh vitamin C dari jeruk.

Itulah sedikit penjelasan mengenai daging kambing yang memang aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Semoga bisa bermanfaat. Dan harus selalu ingat apapun yang kita makan secara berlebihan itu tidak akan baik. Maka makanlah apapun yang kita suka asal dengan porsi yang cukup tidak boleh berlebihan.

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • cara hilangkan daging tumbuh pada dada ayam
  • saat sakit mata tdao boleh makan ??
  • orang sakit mata bisa makan petis
  • bahaya tidak sakit mata makan daging kambing
  • Makan daging ayam boleh tidak untuk penyakit mata
  • ciri ciri amis daging
  • tidak bisa makan daging kambing karna alergi
  • boleh ga sakit mata makan daging ayam
  • apakah daging kambing baik di konsumsi bagi seorang yg sedang sakit gatal
  • bolehkah orang bisul makan daging kambing