Posted on

Ciri Dan Jenis Penyakit Rematik Yang Harus Diketahui

Ciri Dan Jenis Penyakit Rematik Yang Harus Diketahui – Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang pada sistem persendian pada tulang di tubuh kita, sehingga penyakit rematik ini menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan dan sering berpindah-pindah. Kebanyakan orang yang mengalami penyakit rematik ini sebagian besar pada kaum lansia atau orang dewasa. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan penyakit rematik ini bisa menyerang pada anak-anak dan remaja. Ini dikarenakan dari kebiasaan-kebiasaan aktivitas yang buruk sehingga memivu penyakit rematik.

jenis-rematik

Untuk karena itu, bagi semua orang baik remaja dan orang dewasa, sangatlah perlu mengetahui ciri-ciri dan jenis-jenis penyakit rematik ini. Ya memang penyakit rematik ini mempunyai beberapa jenis, sehingga jika kita mengetahui satu persatu jenis rematik tersebut, kita bisa lebih tanggap dan mengetahui solusi utama dalam penanganannya. Sehingga penyakit rematik yang diderita tidak akan menjadi lebih parah.

Dan disini, kami akan membantu untuk anda memberikan informasi mengenai ciri-ciri dan jenis penyakit rematik yang harus anda ketahui, agar tidak salah memilih penanganan yang utama untuk penyakit rematik anda. Berikut ulasannya !!!

Ciri Dan Jenis Penyakit Rematik Yang Harus Diketahui

Bagi para penderita penyakit rematik mungkin anda sudah pernah merasakan ciri-ciri awal dari penyakit rematik ini, karena biasanya ciri-ciri penyakit rematik di semua jenis penyakit itu sama.

Berikut Ciri-Ciri Penyakit Rematik :

  • Bengkak dan nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.
  • Kaku pada persendian baik itu tangan, kaki, lutut, pinggang dan yang lainnya.
  • Sakit dan terjadi peradang bahkan terkadang bengkak dibagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, bahu, lutut (dengkul), pinggang, punggung dan sekitar leher.
  • Bengkak di 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
  • Rasa sakit dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Sakit rematik biasanya kambuh pada saat cuaca dingin pas mendung saat mau hujan.
  • Dan akan kambuh lagi jika setelah mengkonsumsi makanan pantangan seperti : sayur bayam, kangkung, kelapa, dan santan.

Itulah dari ciri-ciri yang dirasakan para penderita penyakit rematik pada umumnya, meski jenis rematik berbeda-beda tetapi untuk ciri-ciri yang dirasakan masih tetap sama, namun ada juga ciri-ciri yang membedakan antar jenis penyakit rematik ini. Dan perbedaan tersebut bisa lebih anda tanyakan langsung ke dokter.

Selain dari ciri-ciri penyakit rematik yang sudah pada umumnya dirasakan para penderitanya, namun ada juga jenis-jenis penyakit rematik ini yang harus diketahui. Berikut penjelasannya !!!!

Adapun Jenis Penyakit Rematik Adalah Sebagai Berikut :

  1. Rematik Jenis Osteoartritis
    Penyakit rematik jenis osteoartritis ini merupakan jenis penyakit rematik yang disebabkan karena menurunnya sistem kerja atau fungsi dari tulang sendi atau adanya kerusakan pada tulang rawan sendi. Biasanya penyakit rematik jenis ini sering dialami orang tua yang sudah lanjut usia atau yang sudah berusia 40 tahun keatas. Penyakit rematik jenis ini biasanya lebih sering dialami oleh wanita, karena wanita mudah sekali mengalami penurunan hormon dibanding dengan pria.

  2. Rematik Jenis Artritis Rematoid
    Selanjutnya, untuk penyakit rematik jenis Artritis Rematoid merupakan Jenis Penyakit Rematik yang biasanya hanya menyerang persendian tangan dan kaki saja. Gejalanya adalah terjadi peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi Secara simetris. Rematik jenis juga banyak dialami oleh para wanita dari pada pria, dan biasanya jenis penyakit rematik ini mulai dirasakan pada usia 25 tahun keatas.

  3. Rematik Jenis Polimialgia Reumatik
    Jenis penyakit rematik untuk selanjutnya yaitu rematik jenis Polimialgia Rematik adalah jenis rematik yang disebabkan karena kelelahan fisik akibat pekerjaan dengan beban berat. Jenis Penyakit Rematik ini gejala yang dirasakan itu biasanya ada rasa kekakuan dan nyeri hebat pada bagian otot leher, bahu, panggul terutama pada pagi hari dan banyak dirasakan pada usia lanjut sekitar 50 tahun keatas. Penyakit rematik jenis ini akan disertai rasa demam, penurunan nafsu makan yang drastis, depresi dan penurunan berat badan.

  4. Rematik Jenis Artritis Gout
    Penyakit rematik jenis Artritis Gout biasa dikenal dengan asam urat atau penyakit pirai. Perlu diketahui bahwa Penyakit asam urat berhubungan erat dengan Jenis Rematik ini, karena kedua penyakit ini saling berinteraksi satu sama lain, dan karena asam urat juga sering menyerang persendian dan urat-urat halus dari sel-sel syaraf yang tehubung dengan tulang. Apabila Jenis Rematik yang lain sering terjadi pada wanita, namun untuk jenis rematik ini lebih banyak menyerang pada pria. Gejala penyakit rematik jenis inibiasanya mulai dirasakan ketika memasuki usia lanjut diantara 45-60 tahun keatas.

Itulah dari beberapa jenis-jenis penyakit rematik yang harus anda ketahui, akan lebih baik lagi jika anda tetap menanyakan dan berkonsultasi kepada dokter, agar jenis penyakit yang anda alami bisa ketangani dengan benar-benar.

Artikel Terkait :

Obat Penyakit Rematik Paling Ampuh Dan Terjamin

Berbagai Bumbu Dapur Yang Dapat Mengobati Rematik

Jenis Aktivitas Yang Jadi Pantangan Penderita Rematik

Jahe Merah Dipercaya Bisa Atasi Penyakit Rematik.

Sekian untuk artikel kali ini yang membahas mengenai ciri-ciri dan jenis penyait rematik yang memang harus anda ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan solusi terbaik, serta untuk menambah wawasan anda mengenai penyakit rematik.

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • kaki kacer bengkak dan kaku
  • kaki kacer kaku
  • jari kacer kaku
  • buah pepaya dan rematik
  • ciri ciri terkena penyakit buah kayu
  • ahli tulang diciparaybandung
  • apakah pepaya bisa mentebabkan penyakit rematik
  • makan timun bikin rematik kambuh
  • kaki kacer tak kunjung sembu
  • benjplan pada leher debelah kanan kucing