Posted on

Ciri-ciri Penyakit Kista

Ciri-ciri penyakit kista,-  Sebelum kami menjelaskan tentang ciri-ciri penyakit kista kami akan membahas sedikit tentang kista. Ovarium merupakan salah satu organ sistem reproduksi wanita, yang terletak di perut bagian bawah di kedua sisi rahim. Perempuan memiliki dua ovarium yang memproduksi telur, serta hormon estrogen dan progesteron. Kista merupakan peradaban dari tumor yang berisi kantung cairan. Banyak terjadi pada wanita dewasa pada alat organ reproduksi yang mengalami kelainan. Kista juga suatu bentuk pertumbuhan abnormal dari dinding ovarium. Kista ovarium biasanya jinak namun beberapa juga bisa berkembang menjadi kanker. 

Kista atau tumor jinak yang berisi cairan ini dapat larut bersamaan dengan siklus menstruasi namun ada juga yang semakin membesar dan akhirnya menjadi ganas, jika kista sudah menunjukkan perubahan bentuk maka hal itu bisa berakibat kemandulan bagi seorang wanita.

90% kasus kista pada anak perempuan merupakan kista fungsional yang tidak menyebabkan bahaya atau kecemasan yang serius yang dapat hilang dalam beberapa minggu atau bulan. Penyakit kista ini juga bisa mengecil bahkan menghilang setelah melahirkan. namun akan sangat berbahaya jika terjadi pada masa menoupause.

Ciri-Ciri Penyakit Kista

Meski kebanyakan penyakit kista ditemukan secara tidak sengaja saat melakukan pemeriksaan panggul rutin atau pemeriksaan penyakit lainnya karena kita tidak menyadari adanya kista di dalam rahim karena kista tersebut tidak menunjukkan gejala apa-apa. Namun ada beberapa kasus kista ada yang menunjukan ciri-ciri atau gejala yang cukup serius. Berikut beberapa ciri-ciri penyakit kista :

1. Rasa Sakit Diperut Bagian Bawah

Rasa sakit pada perut ini terjadi karena letak rahim yang berada di perut bagian bawah yang sedang meradang akibat kista yang membesar atau infeksi akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman pada area tersebut.

2. Sakit Parah (Terperintil)

Saat kista yang bersarang ditubuh anda pecah maka rasa nyeri yang sangat hebat akan anda rasakan dibaagian perut. bahkan rasanya  akan seperti terpelintir. Jika kista tersebut pecah maka akan berakibat pendarahan yang cukup hebat serta perut akan kembung karena ada banyak cairan kista yang menumpuk di perut.

3. Sulit Buang Air Besar

Selain mengimpit bagian leher rahim kista tersebut juga kan menghimpit bagian rektrum yang menyebabkan sulit saat buang air besar.

4. Menstruasi yang tidak Teratur

Ciri-ciri penyakit kista yang umum terjadi adalah menstruasi yang tidak teratur. Adanya pertumbuhan sel yang ubnormal di dalam rahim menyebabkan darah kotor akan terhambat dan terganggu pembuangannya. Selain masa menstruasi yang terganggu darah yang keluar juga sedikit dan tidak lancar.

5. Perut Kembung

Perut yang terasa begah dan kembung diakibatkan pembesaran kista yang memenuhi ruangan perut membuat perut terasa kembung. Selai  karena kista yang semakin membesar perut kembung dan begah juga bisa terjadi akibat kista yang pecah.

6. Denyut Jantung yang cepat

Kista atau erat kaitannya dengan darah ternyata juga bisa berhubungan dengan denyut jantung. Hal itu belum diketahui secara pasti penyebabnya namun diperkirakan karena pecahnya kista membuat pendarahan sehingga denyut jantung juga akan meningkat seiring dengan banyaknya darah yang keluar.

7. Perut Membesar

Kista yang ukurannya semakin hari semakin membesar juga akan berpengaruh terhadap ukuran perut. perut juga akan semakin membesar seperti orang yang sedang hamil. Hormon yang dihasilkan saat adanya kista yang tumbuh di dalam tubuh akan membuat anda seperti orang yang sedang hamil, dalam dunia Medis keadaan seperti ini disebut kehamilan anggur.

8. Mual dan Muntah

Selain beberapa tanda di atas kista juga bisa menunjukkan gejala mual yang sering terjadi bahkan bisa sampai muntah. Hal ini juga bisa dipengaruhi akibat hamil anggur yang anda alami sehingga hormonnya juga akan seperti orang hamil.

Ciri-ciri Penyakit Kista Saat Hamil

Pada awalnya tidak membahayakan , kista ini muncul pada kehamilan karena adanya sel telur ke luar dari ovarium dan melebur bersama sperma. Karena adanya kekosongan maka hormon human chorionic gonadotropin di dalam ovarium menjadi kista. Pada kasus lain , kista ini akan menimbulkan ukuran besar menyerupai bola golf dan menimbulkan kecemasan bagi ibu hamil. Dan di khawatirkan akan mengganggu kesehatan ibu hamil ataupun janin .

Apabila pada indung telur Anda muncul kista, gejala yang harus Anda perhatikan adalah rasa sakit di abdomen (bagian perut) dan panggul. Hati-hati karena tanda-tanda ini sangat mirip dengan kondisi ibu hamil pada umumnya, sehingga banyak ibu hamil mengabaikan gejala muncul kista ovarium. Kista Indung telur Anda bisa pecah dengan sendirinya. Biasanya pecahnya kista yang berukuran kecil tidak akan menunjukkan gejala atau tanda-tanda apa pun pada ibu hamil. Namun, jika kista ovarium yang pecah atau terpuntir berukuran cukup besar (di atas 8 sentimeter), ibu hamil akan tiba-tiba merasakan sakit yang cukup parah. Pada beberapa kasus, pecahnya kista ovarium bisa menyebabkan perdarahan dalam yang sering disalahpahami sebagai keguguran. Pada kenyataannya, janin dalam kandungan tidak akan terganggu saat kista di indung telur Anda pecah atau terpuntir. Anda juga bisa mengobati kista secara alami Misalnya dengan Obat herbal, Anda pengen tahu penjelasan dari mengatasi kista silahkan Klik Tips Mengatasi Kista ada tiga macam Obat Herbal yakni : Qnc Jelly Gamat, Walatra G Sea Jelly, dan Khasiat Walatra Gamat Emas Kapsul, dengan Khasiat yang cukup Tinggi dan Mampu mengatasi berbagai penyakit lainnya.

Sekian Penjelasan Ciri-ciri dari Penyakit Kista, Semoga Sangat Bermanfaat bagi Anda.

≈Ciri-ciri Penyakit Kista≈

Incoming search terms:

  • miom keluar sendiri
  • ciri ciri miom ke
  • punya miom perut trasa begah dan suka keluar cairan tanda mengecil atau apa ya
  • ciri ciri kista sudah membengkok
  • gambar kp cikiray cigantang mangkubumi narkoba
  • tanda miom
  • tanda tanda miom keluar
  • uci uci diperut atas