Posted on

Buah Yang Dipercaya Dapat Mencegah Stroke Ringan

Buah Yang Dipercaya Dapat Mencegah Stroke Ringan – Penyakit stroke merupakan suatu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang, karena penyakit stroke ini adalah menjadi salah satu penyebab kematian paling besar diera ini. Penyakit stroke ini mempunyai 2 kelompok tingkat keparahannya. Yang pertama kelompok penyakit stroke yang dimana gejala yang ditimbulkan itu hanya berlangsung sebentar dan setelah itu normal kembali, hal ini yang disebut dengan kelompok penyakit stroke ringan. Dan yang kedua kelompok penyakit stroke yang mana gejala yang ditimbulkan ini berlangsung lama hingga beberapa bulan/tahun dan jika sudah parah akan menyebabkan kematian. Hal ini yang disebut dengan kelompok penyakit stroke berat.

Penyakit stroke ini memang sangat ditakuti oleh semua orang, akan tetapi masih banyak orang yang tidak merubah pola hidup nya menjadi lebih sehat dan baik. Padahal penyakit stroke ini bisa terjadi karena dimulai dari pola kehidupan kita sehari-hari. Apalagi dalam faktor makanan. Karena makanan adalah salah satu faktor utama kesehatan kita, jika kita mengkonsumsi makanan yang kurang baik pasti kesehatan tubuh kita akan ikut kurang baik, dan sebaliknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat maka badan kita pun ikut sehat.

Oleh karena itu, sebelum penyakit stroke itu bisa menyerang kita, alangkah baiknya kita bisa mencegahnya terlebih dahulu. dalam pencegahan penyakit stroke ringan ini juga bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang khasiatnya bisa mengurangi dan menghilangkan yang menjadi penyebab terserangnya penyakit stroke ini. dan salah satu makanan yang dipercaya dapat mencegah penyakit stroke ringan itu bisa dari jenis buah-buahan.

Artikel TerkaitAnjuran Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan

Buah Yang Dipercaya Dapat Mencegah Stroke Ringan

buah-s

Ada beberapa jenis buah yang dipercaya sebagai pencegah penyakit stroke ringan, yang ada disekitar kita. Berikut adalah jenis buah-buahan nya :

  1. Buah Tomat
    Pada umumnya, tomat selalu digunakan sebagai pelengkap suatu masakan. Akan tetapi sebenarnya khasiat dalam buah tomat ini sangatlah banyak. Salah satu zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh yang ada pada kandungan tomat adalah zat lycopene. Zat lycopene/ zat warna merah pada tomat ini mempunyai khasiat mampu menurunkan resiko stroke pada pria dewasa.  Dan hasil penelitian para ahli yang dilansir dalam jurnal Neurology tersebut melibatkan subyek 1.031 pria dewasa yang dibagi dalam empat kelompok. Pada awal penelitian, terdapat 25 kasus penyakit stroke dari 258 pria yang kadar lycopene dalam darahnya kecil. Sementara, hanya ada 11 kasus penyakit stroke dari 258 pria dengan kadar lycopene darah yang tinggi.

  2. Buah Jeruk (Citrus)
    Buah jeruk, merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki rasa yang segar dan sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan kesehatan tubuh. Selain bisa untuk menyegarkan tubuh, buah jeruk ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, Karena dalam kandungan jeruk ini memiliki vitamin C dan kalium yang sangat tinggi, Dimana vitamin C dan kalium yang tinggi ini dapat melindungi tubuh kita dari serangan stroke maupun jantung. Hasil penelitian yang dilansir dalam jurnal Stroke menyimpulkan bahwa buah citrus dan sejenisnya, dapat menurunkan hingga 19 persen resiko stroke ringan, yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak. Maka untuk itu, para ahlipun menyarankan untuk bisa mengkonsumsi buah jeruk (citrus) tersebut sebanyak 2-4 porsi untuk mengurangi resiko terserangnya penyakit stroke.

  3. Buah Noni
    Noni adalah nama lain dari mengkudu yang biasa digunakan oleh orang Hawaii untuk menyebut buah mengkudu. Buah mengkudu berasal dari daerah Asia Tenggara dan dapat tumbuh subur pada dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Ketika masih muda buahnya berwarna hijau dan memiliki totol-totol pada seluruh buahnya, dan ketika sudah tua buahnya berwarna putih dan juga memiliki totol-totol pada buahnya. Buah noni ini mempunyai rasa yang pahit dan kurang enak, oleh karena itu banyak orang yang tidak suka terhadap rasa buah ini. Akan tetapi, khasiat dari buah ini sangatlah banyak sekali. Salah satu khasiatnya adalah mampu menstabilkan tekanan darah tinggi. Dimana darah tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit stroke ringan.

  4. Buah Apel
    Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan, namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah apel ini banyak disukai oleh semua kalangan, memang karena rasanya yang nikmat dan lezat, serta kandungan dalam buah apel ini juga banyak sekali manfaatnya. Salah satu zat yang terdapat pada buah apel adalah quercetin yang terbukti mampu mengatasi inflamasi. Yang mana inflamasi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab pengerasan pembuluh darah. Dan menurut para peneliti pun menyarankan bahwa selalu mengkonsumsi buah apel hanya 1 butir saja setiap hari, karena dengan konsumsi sebutir apel sehari dapat menurunkan resiko penyait stroke hingga 50 persen.

  5. Buah Pisang
    Buah pisang merupakan buah lokal yang banyak disukai oleh semua kalangan, Rasa yang manis dan keberadaannya pun sangat gampang untuk ditemukan ini yang menjadikan buah pisang ini sebagai buah paling populer. Dan ternyata kandungan dalam buah pisang ini pun sangat banyak. Salah satu kandungan yang sangat tinggi dan sangat berperan penting dalam mencegah penyakit stroke adalah kandungan kalium nya yang tinggi. Dimana menurut hasil riset menunjukkan bahwa diet rendah kalium (kurang dari 1.5 gram per hari) dapat meningkatkan resiko penyakit stroke hingga 28 persen.

Itulah dari jenis-jenis buah yang harus dikonsumsi oleh semua orang apalagi bagi penderita penyakit stroke, karena jenis buah ini selain dari dapat mencegah penyakit stroke, juga bisa membantu menyembuhkan penyakit stroke ringan. Dan tetap jangan melupakan terhadap pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyaiit stroke ringan agar bisa mempercepat proses penyembuhan.

Artikel TerkaitMakanan Yang Menjadi Pantangan Penderita Stroke Ringan

Recomend Artikel :

5Obat Herbal Stroke Ringan Terbaik Dan Terampuh

Sekian untuk artikel kali ini mengenai buah yang dipercaya dapat mencegah stroke ringan. Semoga dengan membaca artikel ini, bisa lebih membantu terhadap kesehatan anda, dan semoga bisa menambah wawasan anda mengenai kesehatan. Salam Sehat Wahidun Herbal 🙂

Baca Juga :

 

Incoming search terms:

  • ikan untuk penderita stroke
  • cara menyembuhkansakit strok pake buah pinang
  • cara mengobati sakit stroke pake buah pinang
  • ikan buat penderita stroke
  • hasiat pinang muda untuk penderita stroke
  • buah pinang untuk obat stroke
  • jenis ikan tawar yg boleh untuk penderita stroke
  • ikan laut yang boleh di makan oleh penyakit struk
  • kasiat buah pinang untk sakit stroke
  • cara mengobati stroke pake buah pinang