Posted on

Buah Terbaik Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Buah Terbaik Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol – Penyakit kolesterol merupakan suatu penyakit dimana kadar kolesterol dalam darah meningkat tinggi.  Hal ini terjadi karena disebabkan dari kolesterol jahat yang datang dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Jika kadar kolesterol sangat jauh lebih tinggi dari batasan normal, maka tidak menutup kemungkinan akan memicu berbagai jenis penyakit lain yang lebih serius. Dan salah satu jenis penyakit serius yang sering muncul akibat dari kadar kolesterol dalam darah meningkat tinggi ialah penyakit stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, jika anda sudah di diagnosa memiliki kadar kolesterolnya tinggi, sangat diwajibkan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi suatu makanan, karena dari segi makanan inilah yang sebagai faktor utama dalam peningkatan atau penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Karena dalam setiap makanan kandungannya tentu berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah nasi putih dan nasi merah. Bagi penderita kolesterol tinggi lebih baik untuk mengkonumsi nasi merah dibanding dengan nasi putih, ini karena nasi merah mempunyai kandungan lemak yang rendah dibanding dengan kandungan lemak yang ada dalam nasi putih.

bules

Tidak hanya dari makanan pokok saja yang mempunyai kandungan berbeda-beda. Dalam buah-buahan pun tentu memiliki kandungan dan gizi masing-masing. Maka untuk itu mari kita sama-sama simak jenis buah-buhan mana yang memang paling baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Berikut pembahasannya !!!

Buah Terbaik Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol

  1. Buah Apel
    Untuk jenis buah paling utama yang bisa menurunkan kadar kolesterol dengan cepat ialah buah Apel. Karena dalam kandungan buah apel ini memiliki serat larut yang cukup tinggi. Dimana serat larut ini saling bahu-membahu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah ditubuh kita, selain itu juga serat larut ini dapat membantu mencegah arteri mengeras, sehingga aliran darah bisa tetap lancar, serta khasiat dari buah apel ini juga mampu mencegah penyakit stroke dan jantung.

  2. Buah Alpukat
    Jenis buah kedua yang mempunyai khasiat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat ialah buah Alpukat. Pada sebagian orang banyak yang beranggapan bahwa buah alpukat mempunyai kandungan lemak yang sangat tinggi jadi buah ini tidak cocok bagi penderita kolesterol. Tapi, faktanya buah alpukat ini mempunyai khasiat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta meningkatkan kolesterol baik dalam darah kita. Karena kandungan lemak yang tinggi pada buah alpukat ini merupakan asam lemak tak jenuh atau lemak yang sangat menyehatkan tubuh.

  3. Buah Jeruk
    Jenis buah yang ketiga yang mempunyai khasiat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah buah Jeruk. Tapi buah jeruk ini akan lebih bermanfaat dan berkhasiat dalam menurunkan kolesterol yaitu dengan diolah menjadi jus jeruk. Karena dalam kandungan jus jeruk ini mempunyai zat Sterol. Dimana zat sterol ini memiliki khasiat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik, dimana kadar kolesterol yang baik ini merupakan kolesterol yang baik bagi tubuh, sehingga peningkatan kolesterol baik yang tinggi akan lebih bermanfaat bagi tubuh dibanding dengan peningkatan kolesterol jahat yang tinggi, yang akan menyebabkan penyumbatan pada arteri.

  4. Buah Mangga
    Selanjutnya untuk jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol ialah buah Mangga. Buah mangga banyak dipercayai sebagai buah yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol, karena dalam kandungan buah mangga ini mempunyai serat prebiotik, pectin, dan vitamin C, dimana kandungan-kandungan ini yang mempunyai khasiat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, serta mampu mengikis kolesterol jahat sehingga tidak akan menyebabkan penumpukan lemak pada arteri.

  5. Buah Jambu Merah
    Untuk jenis buah terakhir yang mempunyai khasiat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat adalah buah jambu merah. Buah jambu merah ini banyak kita temui di berbagai wilayah di Indonesia. Dan memang untuk khasiatnya buah merah ini tidak usah diragukan lagi, dan salah satu khasiat dari buah jambu merah ini mampu menurunkan kolesterol tinggi. Karena dalam kandungan buah jambu merah ini memiliki zat-zat aktif seperti zat Flavonoid, vitamin C dan E, zat Karotenoid, dan Selenium. Dan salah satu zat yang paling berperan penting dalam penurunan kadar kolesterol dalam tubuh ialah zat Flavonoid, ini dikarenakan zat flavonoid ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan trigliserida.

Artikel Terkait :

Dari beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol yang sudah diuraikan tadi. Maka jadikanlah jenis buah-buahan tersebut sebagai makanan pendamping sehari-hari dalam memaximalkan proses penurunan kadar kolesterol agar lebih cepat.

Sekian untuk bahasan artikel kali ini, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang kesehatan, serta dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya. Terimakasih. Salam Sehat Wahidun Herbal.

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • apakh nasi putih mngandung kolestrol tinggi
  • apakah nasi putih bisa menyebabkan kolesterol tinggi
  • nasi banyak kolesterol
  • nasi mengandung k
  • apah kah colestrol boleh makan nasi
  • manfaat nasi untuk kolesterol
  • kolesterol makan nasi
  • apa nasi mengandung kolesrol
  • apa benar beras itu ada kolesterol nya
  • apakah penderita kolesterol boleh makan nasi