Posted on

Bahaya Minuman Alkohol

   Bahaya Minuman Alkohol,- Minuman keras atau bisa disebut minuman beralkohol merupan minuman yang sangat keras yang berkategori jenis zat ‘Narkotika’ yang mengandung alkohol. Bahkan MUI telah mengeluarkan fatwa ‘Jika setetes alkohol pada minuman hukumnya sudah haram’.

   Minuman Beralkohol mengandung etil alkohol dari hasil fermentasi gula, madu, sari buah, atau umbi-umbian. Minuman keras tidak pernah awet pada lingkan dengan kandungan etanol diatas 18%. Minum minuman keras akan tetap baik bagi tubuh ketika diminum tidak berlebihan dan tidak mendapat proses pengoplosan dengan bahan bahan lain yang hanya akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan tubuh.

Efek samping Minuman Beralkohol

Minuman Keras dapat menimbulkan Gangguan Mental Organik(GMO), gangguan dalam berfikir maupun berperilaku. Timbulnya GMO itu reaksinya alkohol pada sel-sel saraf pusat, Karena bersifat adiktif orang yang meminumnya akan menambah takaran/dosis sehingga dosis tersebut tinggi. Efek meminum minuman keras juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih retan pada virus HIV. Efek samping minum alkohol dapat mempengaruhi  kekakuan arteri dan usia prematur arteri. Kandungan alkohol di atas 40 gram untuk pria setiap hari atau di atas 30 gram untuk wanita setiap hari dapat berakibat kerusakan pada organ/bagian tubuh peminumnya. Misalnya, kerusakan jaringan lunak, seputar tenggorokn dan sekitar perut. Efek samping minum alkohol yang berlebihan juga akan meningkatkan risiko ketergantungan alkohol, faktor risiko kardiovaskular termasuk tekanan darah tinggi, obesitas, stroke, beberapa jenis kanker, bunuh diri dan beberapa diantaranya mengalami kecelakaan.

Jenis-Jenis Minuman Alkohol

  • Ciu

Ciu atau ciu rantai adalah sebutan bagi sejenis minuman beralkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi ketela pohon cair yang terbuang dalam proses pembuatan tapai. Minuman ini dikenal mengandung alkohol dan sangat efektif membuat orang menjadi mabuk. Warna Ciu sendiri seperti air putih yang sangat jernih dan tidak berwarna. Itulah terkadang banyak orang salah mengira Ciu dianggap sebagai air putih biasa. Jika diminum akan terasa pahit dan sampai tenggorokan seperti terbakar.

  • Anggur atau wine

Anggur atau yang biasa disebut wine adalah minuman beralkohol yang terbuat dari buah anggur atau buah-buahan lainnya, karena adanya keseimbangan kimia alami.

  • Bir

Adalah segala minuman beralkohol yang diproduksi proses fermentasi tanpa proses penyulingan setelah fermentasi. Proses pembuatan bir disebut brewing. Karena bahan yang digunakan untuk membuat bir berbeda antara satu tempat

  • Brendi

Adalah istilah umum untuk minuman anggur hasil distilasi dan biasanya memiliki kadar etil alkohol sekitar 40-60% .

  • Tuak atau Arak

Adalah hasil fermentasidari nira, beras, atau bahan minuman/buah yang mengandung gula. Tuak adalah produk minuman yang mengandung alkohol.

  • Vodka

 Adalah sejenis minuman beralkohol berkadar tinggi, bening, dan tidak berwarna yang biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Kadar gula dari Minuman ini 30-70% yang paling banyak digunakan saat berpesta.

 Baca Juga : WS-Walatra G Sea Jelly»

Incoming search terms:

  • efek etil alkohol obat tradisional