Posted on

Anjuran Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan

Anjuran Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan – Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang memiliki angka kematian yang cukup besar. Penyakit stroke banyak diderita oleh usia lanjut. Awal terjadinya stroke ditandai dengan terputusnya aliran darah dari jantung ke otak. Akibatnya otak akan mengalami kematian sesaat karena semua sel-sel dalam otak berhenti berfungsi, juga sering ditandai dengan perubahan muka, kelumpuhan anggota badan, atau suatu tanda kelumpuhan lainnya. Tanda-tanda inilah yang disebut dengan penyakit stroke ringan.

Biasanya untuk penanganan yang diberikan pada penderita stroke ringan ini dengan cara terapi fisik, sebagai pemicu agar sistem kerja otot pulih kembali. Akan tetapi, asupan makanan bagi penderita stroke ringan ini juga harus dipertimbangkan secara baik, agar dapat lebih membantu memaksimalkan penyembuhannya.

page

Inilah Anjuran Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan :

  • Roti Gandum

    Makanan pertama yang sangat sehat dikonsumsi oleh penderita stroke ringan adalah roti gandum. Memang pada umumnya roti gandum ini jarang dikenali oleh masyarakat luas, akan tetapi kandungan pada roti gandum ini sangat bagus untuk penderita stroke ringan, karena mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita stroke tersebut. Salah satu kandungannya adalah serat, karbohidrat, protein, vitamin E, asam folat dan omega 3. Kandungan omega 3 memiliki fungsi yang penting untuk tubuh yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu omega 3 juga berperan untuk meningkatkan regenerasi sel-sel pada otak.

  • Beras Merah

    Bagi Para penderita stroke ringan sangat disarankan untuk mengganti makanan pokoknya yang semula dari beras putih menjadi beras merah, Karena sudah banyak kita tahu bahwa beras merah mempunyai serat yang cukup tinggi.  Dan sala satu kandungan yang terdapat pada beras merah itu adalah zat mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem syaraf.

  • Pepaya

    Selain dari makanan saja, ternyata dari jenis buah-buahan juga ada jenis buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi penderita stroke ringan, Salah satu buah yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita stroke ringan adalah buah pepaya. Kenapa buah pepaya sangat bagus dikonsumsi oleh penderita stroke ringan? Karena buah pepaya tidak memiliki kandungan kolesterol serta memiliki kalori yang cukup rendah, sehingga sangat aman dikonsumsi pnderita stroke ringan. Selain itu, dalam kandungan pepaya juga mengandung vitamin C, vitamin A, flavonoid, beta-karoten,lutein. Selain itu pepaya juga mengandung vitamin B kompleks yang bisa membantu proses metabolisme tubuh. Senyawa asam folat dan piridoksin sangat bermanfaat untuk penderita stroke. Kandungan kalium dalam pepaya juga membantu tubuh untuk mengatur detak jantung sehingga sangat baik untuk penderita stroke.

Recomend Articel:

5Obat Herbal Stroke Ringan Terbaik Dan Terampuh

  • Oatmeal

    Oatmeal ini juga dikenal dengan gandum putih, dimana moatmeal ini merupakan sejenis bubur yang terbuat dari gandum. Kandungan nutrisi dari oatmeal terdiri dari kalori, protein dan lemak. Dalam satu cangkir oatmeal bisa menyediakan hingga 6 gram protein. Oatmeal juga bisa menjadi pengganti nasi putih karena memiliki kandungan karbohidrat komplek dan serat yang mudah dicerna. Serat dalam oatmeal akan membantu proses penyerapan kolesterol dalam darah dan pengaturan kadar gula dalam darah. Sehingga bisa membantu dalam pemulihan penyakit stroke ringan.

  • Ikan Salmon

    Ikan salmon merupakan salah satu lauk pauk yang sehat untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit stroke ringan , karena dalam kandungan ikan salmon memiliki kandungan omega 3, DHA dan EPA . tiga zat ini sangat penting untuk melindungi sistem pembuluh darah, proses sintesis lemak menjadi kolesterol dan mencegah pembekuan darah pada jantung, sehingga dapat memperlancar aliran darah dan tidak tersumbat, karena penyakit stroke salah satu faktor utamanya ialah karena tersumbatnya aliran darah diotak.

Itulah dari beberapa anjuran makanan sehat untuk penderita stroke ringan. Alangkah lebih baiknya juga jika anda menerapkan jenis makanan-makanan ini dalam menu makan setiap hari, agar penyakit stroke ringan anda bisa sembuh secara maximal. Dan wajib juga anda jauhi tentang makanan yang menjadi pantangan untuk penderita stroke ringan.

Artikel TerkaitMakanan Yang Menjadi Pantangan Penderita Stroke Ringan.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat dan lebih membantu anda dalam memulihkan kembali kesehatan anda, Dan semoga menjadi penambahan wawasan bagi anda mengenai kesehatan, dan menjadi bisa lebih mengontrol pola hidup yang sehat. Salam Sehat Wahidun Herbal 🙂

Baca Juga :

Incoming search terms:

  • ikan yang boleh dimakan penderita stroke
  • mie basah bagi penderita stroke
  • makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penebalan dinding rahim
  • makanan sehat untuk penderita penebalan dinding rahim
  • bolehkah tomat dicampur gula merah
  • Daging yang boleh dimakan penderita stroke
  • makanan untuk penyakit struk
  • apakah orang yang terkena gejala stroke boleh makan makanan bersantan
  • buah dan sayur untuk penebalan dinding rahim
  • buahpinangmuda untk obat troke