Posted on

10 Gejala Diabetes Melitus

Gejala Diabetes Melitus,- Kencing manis atau diabetes mellitus adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas. 

Gejala diabetes melitus mudah sekali dikenali, gejala diabetes terbagi menjadi 2 yakni : pra-diabetes dan diabetes. Ciri-ciri diabetes pada fase pra adalah dengan naik turunnya kadar gula darah. Jika pada masih fase awal, gejala tersebut masih bisa dihilangkan dengan cara yang benar dan kita masih bisa terhindar dari penyakit ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara mengobati diabetes, dengan 3 kata kunci : ¹. Qnc Jelly Gamat, ². Walatra G Sea Jelly, ³. Walatra Gamat Emas Kapsul.

Gejala Diabetes Melitus

1. Poliuri

Merupakan dimana keadaan seseorang lebih sering buang air kecil. Intensitas dari buang air kecil ini sangat besar apabila penderita penyakit ini memburuk. Karena gula yang kita dapat oleh metabolisme tubuh akan dibuang melalui urine. Urine menjadi lebih kental karena mengandung gula, secara otomatis tubuh akan memberikan cairan pada urine. Akibatnya penderita sering buang air kecil.

2. Polifagi

Merupakan dimana seseorang merasa lapar dan akhirnya membuatnya makan banyak. Bertambahnya rasa ingin makan bisa menjadi gejala lain bagi diabetes. Rasa lapar ini tidak bisa dikendalikan, karena sinyal lapar yang dikirim oleh tubuh ini harus dipenuhi agar semua sel berfungsi dengan baik karena mendapatkan asupan glukosa. Sebab hal ini umum terjadi , gejala yang satu ini timbul akibat dari insulin yang tidak bekerja secara sempurna.Sehingga insulin tidak melekat pada Reseptor (rasa kenyang), itulah sebabnya timbulnya rasa lapar yang berlebihan.

3.  Berat badan menurun

Meskipun banyak makan, penderita diabetes tidak mendapatkan energi makanan, karena glukosa terbuang melalui urine. Tetapi, melihat pemicu turunnya berat badan adalah karena diabetes. Karena kurangnya energi, tubuh mengambil energi dari masa otot dan lemak tubuh. 

4. Polidipsi

Rasa haus ini ditimbulkan karena cairan tubuh dipakai untuk mengencerkan urine. Tubuh yang kekurangan cairan akhirnya memberikan tanda haus kepada otak. Peningkatan dorongan untuk berkemih akan memengaruhi cairan yang berada di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan dehidrasi.Tubuh yang kekurangan cairan akan memberikan respon berupa rasa haus dengan tujuan mengembalikan cairan yang hilang.

6. Infeksi

Penderita Diabetes Melitus sering mengalami infeksi. Kadar gula darah yang tinggi membuat berbagai bakteri atau jamur mudah berkembang. Tubuh akan rentan terhadap serangan berbagai bakteri atau jamur (candida). Itu alasan mengapa penderita diabetes mengalami gejala infeksi. Pada wanita bisa terjadi infeksi pada daerah vagina.

7. Gangguan pada gusi

Merupakan gejala lain yang ditimbulkan penyakit diabetes. Sel-sel imun atau daya tahan tubuh yang kinerjanya menurun menjadi penyebab masalahnya gusi. Misalnya gusi menjadi merah, pembengkakan, dan iritasi. Bahkan ada yang merasakan gusinya menyusut dari gigi dan terjadilah infeksi gusi.

8. Proses Pemulihan luka yang lambat

Terdapat luka ketika kondisi tubuh sedang tidak baik, seperti kelebihan gula darah membuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi tidak normal. Hal ini tentu mempengaruhi pemulihan luka atau memar, akan memakan waktu lebih lama dari biasanya.

9. Mati Rasa

Banyak kasus diabetes yang menimpa sebagian orang, hampir seluruhnya mengalami gejala berupa mati rasa. Adapun bagian tubuh yang sering merasakan mati rasa atau kesemutan adalah tangan, kaki, beserta jari-jemarinya. Peringatan awal diabetes ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah, membuat serabut saraf mengalami kerusakan.

10. Cepat Emosi dan Kelelahan

Rasa lelah ini muncul bukan tanpa sebab. Ketika tidur, penderita diabetes akan tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Kerap kali bangun untuk berkemih dan minum air, sehingga proses tidur terganggu atau tidak berkualitas. Keesokan harinya tubuh mengalami kelelahan dan tak jarang mengundang emosi.

Itulah Gejala Diabetes Melitus 

Gejala diabetes diatas bisa terjadi berbeda-beda pada tiap penderita. Akan tetapi gejala tersebut sering kali terjadi pada peringatan awal penyakit diabetes. Oleh karen itu, setiap orang sering mengalami gejala diatas perlu memeriksa diri ke dokter atau tes darah untuk mengetahui kadar gula darahnya, apakah normal atau tidak.

Sekian Penjelasan Tentang Gejala Diabetes Melitus Dari Kami, Semoga Bermanfaat bagi Anda.

“Terima kasih telah memilih salah satu dari Product Kami, Semoga Lekas Sembuh:)”

10 Gejala Diabetes Melitus